Bandara (Foto: Telegraph)

2016, Wisatawan Bepergian dengan Pesawat di Indonesia Tembus 93 Juta

IndonesiaNew, JAKARTA – Bandara merupakan pilihan utama wisatawan bepergian dengan menggunakan maskapai penerbangan. Alhasil, di 2016 tercatat 93 juta wisatawan menggunakan pesawat untuk bepergian.

Menurut Angkasa Pura II mencatat periode Januari ke Oktober 2016 jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II tercatat sekitar 77,66 juta penumpang atau meningkat 12,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 68,96 juta penumpang.

“Hingga akhir tahun ini atau sepanjang Januari ke Desember 2016 diperkirakan jumlah penumpang dapat mencapai 93,23 juta penumpang atau naik 11% dibandingkan dengan Januari ke Desember 2015 sebanyak 84,29 juta penumpang,” ucap Chief of Air Traffic & Tourism Development PT Angkasa Pura II (Persero) Rosita Kurniawati.

Hal serupa diutarakan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin yang mengatakan peningkatan jumlah penumpang diantaranya didukung oleh kondisi perekonomian Indonesia yang cukup baik sehingga permintaan perjalanan dengan pesawat meningkat.

“Di mana hal ini dapat dilihat dari dibukanya rute-rute baru baik itu internasional maupun domestik melalui bandara yang dikelola Angkasa Pura II,” bebernya lagi.

Diakuinya, tahun ini juga beberapa maskapai juga mengganti pesawat berbadan sedang atau narrow body menjadi berbadan lebar atau wide body sehingga kapasitas meningkat.

“Melalui sejumlah program inovasi dan rencana bisnis yang baru, pada tahun depan kami menargetkan jumlah penumpang di bandara-bandara Angkasa Pura II dapat mencapai 100 juta penumpang dengan jumlah penumpang rute domestik 80% dan 20% rute internasional,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*