Pantai di Gunung Kidul (Foto: IndonesiaNew)

2019, Berwisata ke Gunung Kidul Tak Sampai Dua Jam

IndonesiaNew, YOGYAKARTA – Berwisata ke Gunung Kidul selama ini kerap menghabiskan waktu di jalan. Kini, berwisata ke sana bakal tak sampai 2 jam.

Menteri Perhubungan mempertimbangkan pengoperasian Bandara Gading sebagai bandara komersial untuk mengembangkan pariwisata daerah Gunung Kidul.

“Bandara Gading telah dibangun, namun untuk melayani penerbangan komersial harus dievaluasi terlebih dahulu, terutama terkait dengan keselamatan dan keamanannya. Kemenhub akan membicarakan dengan Pemda untuk membahas masalah tersebut,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Seminar Nasional Pengembangan Industri Pariwisata Gunung Kidul di Hotel Royalambarrukmo Yogyakarta belum lama ini.

Diakuinya, Gunung Kidul memiliki sejuta potensi pariwisata alam dan budayanya membutuhkan dukungan transportasi.

Beberapa objek wisata di Gunung Kidul adalah Goa Pindul, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Pengilon, Air Terjun Sri Getuk, Goa Jomblang, dan lain-lain.

“Transportasi berdampak langsung pada belanja wisata, dimana komponen biaya untuk transportasi dapat mencapai 30-40% dari keseluruhan biaya wisata, apalagi bila wisatawan harus menempuh long haul flight,” ujarnya.

Bandar Udara Gading terletak di daerah Gunung Kidul yang memiliki landasan pacu sepanjang 900 meter. Menurutnya, pengoperasian bandara tersebut dapat dikembangkan untuk penerbangan pribadi maupun pesawat jenis ATR, yang diharapkan mampu mendukung pengembangan potensi pariwisata dan kemaritiman di Gunung Kidul.

Seperti diketahui, Yogyakarta yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 prioritas nasional Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*