Balutan Keindahan Magelang Kian Berbeda Kala Berkeliling dengan VW Safari

IndonesiaNew, MAGELANG – Datang ke Magelang travelers dijamin tidak akan terasa jenuh, apalagi ada wisata baru yang bisa dirasakan yakni berkeliling dengan menggunakan mobil VW safari. Travelers bisa merasakan sentuhan nuansa alam serta melihat beberapa desa wisata yang letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur.

Nama Magelang kian meroket dengan terpilihnya Candi Borobudur masuk ke dalam salah satu 10 destinasi prioritas di era kepemimpinan Presiden Jokowi, hal inilah tentunya membuat masyarakat setempat semakin sadar bahwa betapa besarnya potensi pariwisata.

Kehadiran pariwisata tentu membawa dampak besar khususnya masyarakat memiliki peningkatan perekonomian dengan kedatangan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Sebenarnya banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati kala mengunjungi Magelang, mulai dari Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Asu hingga menikmati keindahan Gunung Merapi, Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Telemoyo serta beberapa gunung lainnya. Belum lagi dari sisi kuliner yang siap mengguncang lidah travelers, salah satunya adalah kopinya.

Sebelum memasuki penjelasan perihal berwisata dengan mobil VW safari maka tak elok rasanya bila belum mengenal akses yang siap memudahkan travelers untuk hadir di wilayah yang dijuluki Kota Getuk ini. Dari sisi udara, maka ada 4 bandara yang bisa digunakan yakni Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dan Bandara New Yogyakarta Internasional di Kulon Progo kemudian di Semarang yakni Bandara Ahmad Yani dan terakhir adalah Bandara Adi Soemarmo di Solo. Lalu, ada pula akses kereta serta akses darat yang tak lama lagi akan hadir jalan tol dari Jakarta yang bisa keluar di Bawen.

Kelengkapan akses inilah siap menjadi pelengkap guna menambah jumlah pasokan kunjungan wisatawan untuk senantiasa menikmati keindahan Magelang. Terlebih, pemerintah setempat menargetkan kunjungan 7 juta wisatawan di 2019 di mana 6,5 juta dari wisatawan nusantara serta 500 ribu dari wisatawan mancanegara. Target ini tentu naik dari tahun 2018, di mana pemerintah setempat berhasil mencapai 6,3 juta wisatawan dari total wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Kami selalu mengandalkan kekuatan masyarakat dalam mengelola destinasi wisata di Magelang, pasalnya dengan terlibatnya masyarakat tentu membawa dampak pada pertumbuhan perekonomian sehingga bisa memperkuat edukasi masyarakat perihal merawat keindahan alam terutama dari sisi kebersihannya,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Magelang Iwan Sutiarso di Magelang, Jumat (12/7/2019).

Balik kepada berwisata dengan mobil vw safari, kehadiran wisata baru ini berawal dengan kehadiran program Balkondes atau Balai Ekonomi Desa di 2017 yang awalnya hanya hadir 15 unit kendaraan saja, ternyata keberadaan mobil vw safari membawa peningkatan positif, alhasil hingga 2019 total unit kendaraan menjadi 50 mobil.

Untuk bisa berwisata dengan menggunakan mobil vw tersebut, maka wisatawan harus merogoh kocek Rp350 ribu hingga Rp1 juta bergantungh pada tujuan yang diinginkan wisatawan. Hadirnya vw safari kian melengkapi transportasi di Magelang selain delman dan becak serta rental mobil yang sudah menjadi identitasnya dari sisi transportasi berwisata.

“Muatannya itu bisa lima orang, kebanyakan yang menyewa masih sebatas wisatawan nusantara, karena wisatawan mancanegara lebih menyukai menggunakan delman maupun becak,” beber Pengemudi VW safari Khoirul Muna.

Di sini, travelers dibuat terpesona atas keindahan alamnya, apalagi kala melintasi wilayah Balkondes Majaksingi disuguhi persawahan dan perbukitan Menoreh yang terkenal dengan perkebunan kopinya, tak itu saja suguhan lainnya adalah perkampungan yang ada di wilayah Kecamatan Borobudur, kemudian keindahan warna hijau yang muncul dari persawahan. Kekaguman mata travelers terhadap beberapa desa wisata seperti Desa Gerabah kian menambah deretan kekayaan destinasi wisata yang ada di Magelang.

Bila, travelers ingin menambah eksplorasi wisatanya maka bisa menyambangi Ketep Pass, di sini travelers bisa melihat view Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tak sebatas itu saja, kelengkapan berwisata di sini menghadirkan museum Ketep Volcano Center yang berisika diorama serta sejarah dari Gunung Merapi.

Sebelum mengakhiri perjalanan, maka travelers ada baiknya merasakan derasnya air Sungai Elo melalui petualangan arung jeram. Kesempurnaan inilah bisa membawa pengalaman berwisata travelers kian melengkapi perjalanan wisata.

“Magelang yang memiliki 5 gunung, 15 candi, dan 210 daya tarik wisata petualangan tentunya menjadi ladang yang menarik untuk story telling. Wisatawan akan dibuat penasaran untuk mendapatkan pengalaman atau experience tourism ketika berkunjung ke Magelang,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata Guntur Sakti.

Pengembangan pariwisata Magelang, menurut Ketua Pesona Magelang (Pesma) Syahrudin, tidak lagi tersentral ke Candi Borobudur melainkan sudah menyebar ke berbagai destinasi sehingga kini tumbuh banyak daya tarik wisata baru di antaranya wisata petualang (adventure) yang dikelola masyarakat setempat (komunitas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *