LAPAN Gunakan Sustainable Development Goals untuk Memantau Kawasan Ruang Terbuka Hijau

IndonesiaNew, DEPOK – Pembangunan perekonomian bisa dilakukan dari berbagai sektor, hal inilah dimanfaatkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) guna membangkitkan pembangunan perekonomian berbasis antariksa.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional melalui Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh akan menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019) dengan tema “Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) ini bertujuan sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan, informasi dan pengalaman mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi dan data serta pemanfaatan penginderaan jauh, khususnya di sektor-sektor yang bisa memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin mengutarakan untuk mewujudkan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), teknologi penginderaan jauh berperan sangat besar terutama pada tujuan SDGs ke-6 terkait dengan penyediaan air bersih dan sanitasi dan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan resapan air.

“SDGs ke-11 tentang perencanaan dan pembangunan kota yang berkesinambungan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH),” urainya di Margo Hotel, Depok, Jawa Barat belum lama ini.

Selain itu, pada tujuan SDGs ke-13 terkait penanganan perubahan iklim bisa dimanfaatkan untuk melihat suhu panas atau polusi di perkotaan. Pada tujuan SDGs ke-14 yaitu bidang lingkungan dan sumberdaya maritim bisa dimanfaatkan untuk melihat Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), sedangkan terkait dengan tujuan SDGs ke-15 tentang lingkungan dan sumberdaya darat bisa dimanfaatkan untuk pemantauan hutan.

Selain itu, pihaknya meminta agar sama-sama bergandengan tangan guna mendorong serta membangkitkan pembangunan sehingga bisa mewujudkan masyarakat terbebas dari kemiskinan.

“5 tahun ke depan kita ingin melangkah lebih jauh, di mana LAPAN menjadi sektor penggerak pembangunan dalam hal berbasis iptek, penerbangan dan antariksa melalui inovasi yang kami lakukan,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *