Intip Cara Menteri Pariwisata Terpilih Era Jokowi Perbanyak Yachter ke Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Wisatawan mancanegara ke Indonesia bukan hanya melalui transportasi udara, ada pula yang menggunakan kapal pesiar dan yacht. Bahkan, kendala utama masih dimiliki oleh Indonesia dari sisi wisata bahari khususnya kapal pesiar dan yacht. Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio memiliki cara sederhana untuk menggaet wisatawan tersebut ke Indonesia.

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah dengan cara menggenjot seluruh daerah guna segera membuat dermaga kapal. Baginya, hal ini tentu kian memudahkan wisatawan datang ke Indonesia lebih banyak lagi sehingga kebijakan Presiden Jokowi dalam mendatangkan devisa negara semakin mudah.

“Dermaga harus dibuat dan itu kunci utamanya. Bagaimana wisatawan mancanegara datang dengan menggunakan yacht maupun kapal pesiar bisa datang lebih banyak,” tegas Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio di Jakarta, baru-baru ini.

Pria berkacamata ini mengatakan bahwa kenyamanan harus menjadi modal utama yang dimiliki Indonesia bila ingin menghadirkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

“Salah satu yang buat wisatawan mancanegara datang adalah kenyamanan. Apakah wisatawan mancanegara ke sini (Indonesia-red) sudah nyaman? Itu harus kita pikirkan dengan matang. Wisata bahari misalnya, mereka (wisman-red) kebanyakan selain menggunakan pesawat terbang, maka yacht atau kapal pesiar menjadi transportasi ke Indonesia. Perhatikan saja, apakah semua daerah sudah memiliki dermaga atau pelabuhan yang nyaman buat kapal wisatawan bersandar? Bila kita sadari betapa pentingnya itu, maka lakukanlah,” bebernya.

Tak itu saja, pria kelahiran Papua ini menambahkan bahwa persoalan lain menjadi kendala adalah belum tertatanya dengan baik wilayah pantai yang ada di Indonesia.

“Kamu pernah menyadari tidak, bahwa kondisi pantai di Indonesia tidak membuat nyaman wisatawan mancanegara selain faktor kebersihan. Perhatikan seluruh pantai yang ada di Tanah Air, apakah ada tempat bilas yang dibutuhkan? Semua tempat bilas terletak jauh dari pantai,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *