Kudo Transformasi ke GrabKios Siap Pertajam Warung Tradisional

IndonesiaNew, JAKARTA – Kudo hari ini mengumumkan transformasi menjadi GrabKios, menandai integrasi yang lebih kuat dengan Grab, yang telah mengakuisisi Kudo pada tahun 2017, sekaligus mempertegas komitmen untuk memberdayakan warung tradisional sehingga dapat berkompetisi dalam era ekonomi digital.

Saat ini terdapat lebih dari 4,5 juta warung tradisional di Indonesia, bahkan hingga di pelosok desa, yang memiliki peranan penting sebagai denyut nadi dan sumber kehidupan masyarakat Indonesia dalam menyalurkan kebutuhan sehari-hari.

GrabKios bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta didukung oleh mitra bisnis Grab, yakni Perum BULOG dan Bank Mandiri, hari ini mengukuhkan tanggal 7 November sebagai Hari Warung Nasional.

Upaya ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi seluruh warung tradisional terhadap perekonomian Indonesia dan untuk mendukung pemberdayaan warung melalui teknologi dan kemitraan strategis.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia mengatakan upaya yang dilakukan Grab Indonesia menghubungkan 2,6 juta mitra agen di 505 kota/ kabupaten Indonesia ke dalam ekosistem ekonomi digital adalah suatu terobosan sehingga secara tidak langsung para UKM didorong untuk melakukan digitalisasi dalam bisnisnya.

“Melalui pemanfaatan digitalisasi di dalam bisnisnya, warung akan semakin kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan retail modern maupun dalam memberikan layanan kepada konsumennya,” lanjutnya.

Sebagai bagian dari perayaan Hari Warung Nasional, GrabKios membantu lebih dari 100.000 warung di seluruh Indonesia dengan memberikan voucher diskon dan tambahan modal usaha.

Kedepannya, GrabKios dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan menjalin kemitraan dengan lebih banyak industri dan perusahaan untuk turut mendukung Hari Warung Nasional dan memberikan dukungan yang lebih besar untuk warung.

GrabKios mempercepat upaya untuk mendigitalkan warung dan membantu meningkatkan daya saing mereka.

GrabKios memanfaatkan jaringan Kudo yang luas hingga lebih dari 2.6 juta mitra di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, serta layanan dan kemitraan di dalam ekosistem Grab.

Sebagai bagian dari Hari Warung Nasional, GrabKios memaparkan rencananya untuk memajukan warung melalui pemanfaatan teknologi, menyediakan solusi yang membantu mereka bertahan seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital dan dapat bersaing dengan minimarket modern.

Agung Nugroho, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO dan Co-Founder Kudo, tetap memimpin sebagai Head of GrabKios. Agung mengatakan bahwa warung adalah penggerak ekonomi Indonesia dan berperan penting dalam membentuk masyarakat Indonesia.

Sejalan dengan visi Indonesia menuju ekonomi digital, misi kami adalah untuk memastikan bahwa tidak ada warung tradisional yang tertinggal. Tujuan utama kami untuk memberdayakan tambahan 1 juta mitra GrabKios di Indonesia 2021 melalui pemanfaatan teknologi dan membantu untuk berkembang, serta terus melayani masyarakat di sekitar mereka.

“Dengan membawa Kudo lebih dekat ke dalam ekosistem Grab dan bertransformasi menjadi GrabKios memungkinkan kami untuk mempercepat inovasi dan memanfaatkan jaringan kemitraan dari kedua perusahaan untuk menawarkan lebih banyak manfaat dan layanan kepada warung,” bebernya.

Neneng Goenadi, Managing Director of Grab Indonesia menambahkan dengan mendukung warung serta dapat membangun masa depan Indonesia dimana semua orang mendapat manfaat dari ekonomi digital.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses terhadap Internet namun dapat dengan mudah menemukan warung di manapun, hampir di setiap desa bahkan setiap sudut jalan.

“Dengan GrabKios, kami tidak hanya bertujuan untuk memberdayakan warung, tapi juga menjadikan mereka sebagai titik akses yang memungkinkan lebih banyak masyarakat mengakses produk digital, layanan keuangan, asuransi, tabungan dan layanan lainnya,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *