Pulau di Indonesia didaftarkan ke PBB (Foto: Travelquaz)

Agustus 2017, Indonesia Daftarkan 14.572 Pulau ke PBB

IndonesiaNew, JAKARTA – Belajar dari pengalaman akibat terjadinya klaim dari negara lain, membuat Indonesia bergerak cepat untuk mendaftarkan pulaunya ke PBB. Hal ini akan dilakukan di Agustus 2017.

“Indonesia akan mendepositokan nama pulau yang sudah dibakukan hingga 2017 pada sidang UNGEGN di New York, Amerika Serikat yang berlangsung Agustus 2017,” jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Brahmantyo Satyamurti Poerwadi kepada IndonesiaNew di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, Indonesia pernah melakukan hal yang sama tepatnya di 2012. Di mana, sebanyak 13.466 pulau dilaporkan ke PBB.

“Mengapa Indonesia perlu melaporkan ke PBB, hal ini dilakukan agar tidak terjadi klaim dari negara lain. Apalagi, dari pengalaman ada beberapa pulau yang terlepas dari Tanah Air,” bebernya lagi.

Bramantyo Satyamurti Poerwadi mengatakan jika jumlah 14.572 pulau ini kebanyakan berada pada garis luar yang ada di Indonesia. Pasalnya, pulau terluar ini menjadi hal paling dikhawatirkan terjadi klaim dari negara lain.

“Di Aceh ada 35 pulau, Sumatera Utara 43 pulau, Kepulauan Riau ada 30 pulau, Sumatera Barat terdapat 27 pulau, Kalimantan Barat 16 pulau, Kalimantan Timur 53 pulau, Kalimantan Utara ada 16 pulau, Sulawesi Tenggara 21 pulau, Nusa Tenggara Barat sebanyak 153 pulau, Nusa Tenggara Timur 118 pulau, lalu ada Maluku 215 pulau dan terakhir Papua sebanyak 97 pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*