Air mancur Sri Baduga di Purwakarta (Foto: IndonesiaNew)

Air Mancur Sri Baduga Wisata Berkelas Dunia dari Purwakarta

IndonesiaNew, PURWAKARTA – Pariwisata Indonesia perlahan memiliki destinasi wisata berkelas dunia, salah satunya air mancur Sri Baduga yang ada di Purwakarta.

Air mancur Sri Baduga ini dibuat bukan sekedar seadanya saja, melainkan memiliki konsep yang luar biasa. Fungsinya agar Purwakarta bukan semata-mata dikenal di Tanah Air saja melainkan bisa mendunia.

Air mancur Sri Baduga di Purwakarta (Foto: IndonesiaNew)

“Air mancur Sri Baduga ini memiliki cerita, yakni dari sejarah prabu Siliwangi mulai kehadiran, kasih sayang hingga dia pergi,” jelas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada IndonesiaNew di Purwakarta, Jumat (6/1/2017).

Kehadiran air mancur Sri Baduga ini bukan sebatas air mancur yang menampilkan pertunjukan yang biasa saja melainkan memiliki atraksi yang menarik sehingga layak untuk disaksikan.

Tak itu saja, pembuatan air mancur ini pun sudah dilakukan sejak 2013. Di mana, terdapat beberapa kali renovasi yang ditujukan agar nantinya dapat menjadi destinasi wisata yang mendunia.

Pertunjukkan air mancur Sri Baduga di Purwakarta (Foto: IndonesiaNew)

“Pembangunan air mancur Sri Baduga ini belum finishing, masih terdapat 40 persen lagi yang harus diselesaikan. Selain atraksi air mancur, wisatawan juga akan disuguhkan dengan lighting lampu yang ada di sekitaran air mancur ini,” paparnya lagi.

Dengan memiliki durasi sekira 20 menit ini, pertunjukkan air mancur ini menampilkan beragam permainan air yakni pada bagian tengah, sebelah kanan dan kiri danau serta di bagian pinggir air mancur.  Selain itu, tak ketinggalan pertunjukkan laser yang siap memukau wisatawan yang sedang melihatnya.

Biar lebih cantik lagi, permainan air ini pun diberikan beragam warna-warni yang memukau mulai dari kuning, merah, hijau, ungu yang menggambarkan tentang keragaman suku, ras, agama dan budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan falsafah Pancasila.

Permainan air mancur Sri Baduga di Purwakarta (Foto: IndonesiaNew)

Tak itu saja, permainan air ini pun kian tambah memukau akibat kehadiran permainan api yang muncul di tengah permainan air. Sebagai penutup, terdapat semburan air yang menjulang tinggi.

“Air mancur ini namanya air mancur Sri Baduga, biar gampang dikenal sebut saja air mancur Purwakarta. Kita populerkan saja ke dunia. Pokoknya kalian harus datang dan nikmati, kalau enggak kesini rugi banget,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya sambil tersenyum.

Menurutnya, air mancur di Purwakarta ini bisa mengalahkan air mancur terbesar di dunia yang ada di Burj Khalifa, Dubai. Baginya, air mancur di Purwakarta harus menggabungkan performing art.

“Air mancur Purwakarta ini bisa mengalahkan Dubai. Caranya bagaimana? Gabungkan saja dengan pentas seni yang sifatnya kolosal, apalagi basic dasarnya sudah penuh dengan soundsystem yang bagus. Bayangkan saja, air mancur di Dubai itu setiap harinya 2 juta orang wisatawan datang untuk melihat dan di Indonesia juga memiliki sehingga jangan khawatir jika Indonesia bisa bersaing dengan negara lain,” bebernya.

Air mancur Sri Baduga di Purwakarta berkelas dunia (Foto: IndonesiaNew)

Bagi Kamu yang ingin melihat pertunjukkan air mancur ini, maka jangan khawatir soal biaya masuknya. Pasalnya, untuk masuk ke air mancur Sri Baduga tidak dipungut biaya alias gratis.

“Tidak ada biaya untuk melihat pertunjukkan air mancur ini. Performance air mancur ini ada setiap malam minggu yang dilakukan sebanyak tiga sesi mulai dari 19.30 WIB sampai 20.00 WIB, lalu kedua mulai 20.15 WIB sampai 21.00 WIB dan terakhir dari 21.15 WIB sampai 21.45,” tukas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*