AirAsia (Foto: Reuters)

AirAsia Buka Rute Jakarta ke Macau

IndonesiaNew, JAKARTA – Penerbangan AirAsia kembali membuka rute terbarunya, kali ini sasarannya adalah penerbangan dari Jakarta menuju Macau dan sebaliknya. Hal ini diutarakan oleh Direktur Komersial AirAsia Indonesia Irdiantara.

“Airasia Indonesia sengaja memilih rute baru Jakarta-Makau ini antara lain ingin mendukung program pemerintah dalam mempercepat pembangunan 10 destinasi prioritas sebagai ‘Bali Baru’ yakni Jakarta dan  beyond,” ucapnya di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Dengan dibukanya rute Jakarta ke Macau dan sebaliknya, maka Indonesia kian gencar menarik jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari Macau. “Tahun ini Indonesia menargetkan kunjungan wisman sebanyak 15 juta, di antaranya dari pasar utama Greater China,” kata Asisten Deputi (Asdep)  Pengembangan Pasar Asia Pasifik  Vinsensius Jemadu.

Diakuinya, target wisatawan mancanegara dari Greater China tahun ini sebanyak 2,5 juta wisatawan mancanegara yang terdiri Tiongkok sebanyak 2,1 juta, Taiwan 284 ribu, dan Hong Kong  132 ribu. Lalu dari 10 top originasi (asal wisatawan mancanegara),  pasar Greater China menempati urutan pertama, kemudian Singapura, Eropa, Australia, Malaysia, Jepang, India, Korea Selatan, USA, dan Timur Tengah.

Vinsensius Jemadu menambahkan AirAsia telah memberikan kontribusi sebesar 25% dari seluruh wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia di tahun 2016. Rute penerbangan langsung AirAsia Indonesia dari Jakarta ke Makau ini akan menambah konektivitas Indonesia ke kota-kota di Tiongkok Selatan, yang artinya potensi kedatangan wisatawan dari Tiongkok akan semakin besar.

“Kementerian Pariwisata siap untuk terus mendukung AirAsia, salah satunya dengan joint promotion yang sebelumnya telah kami lakukan bersama untuk rute-rute baru seperti Mumbai dan Tokyo,” tukasnya.

Seperti diketahui, peresmian penerbangan yang menghubungkan langsung Jakarta dengan Makau ini menyusul kesuksesan peluncuran kedua rute internasional AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) dari Denpasar menuju ke Mumbai, India dan juga ke Tokyo Narita, Jepang pada bulan Mei 2017 lalu. Hal ini merupakan wujud dari komitmen berkelanjutan Grup AirAsia untuk terus mendukung kemajuan pariwisata Indonesia.

Penerbangan perdana QZ 651 telah mendarat dengan sukses di Bandara Internasional Soekarno Hatta siang hari tadi dengan membawa 151 penumpang, setelah sebelumnya pada hari ini penerbangan QZ 650 yang membawa 162 penumpang telah mendarat di Macau International Airport. Saat mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pesawat Airbus A320-200 disambut secara meriah dengan water canon salute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*