Aksi Damai 212, Pariwisata Indonesia Aman!

IndonesiaNew, JAKARTA – Meski aksi damai 212 telah usai, lantas bagaimana dengan pariwisata di Indonesia?

Pantauan Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata di sejumlah tempat wisata, pusat perbelanjaan, bandara dan ruas jalan ibu kota berlangsung aman.

Seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang normal, dan beroperasi seperti biasa. Pun juga Taman Impian Jaya Ancol yang tetap melayani pengunjung dan normal.

Pusat-pusat wisata belanja dan kuliner, di sekitaran Monas pun, seperti Sarinah, Grand Indonesia Mall, Plaza Indonesia Mall, Tanah Abang Blok A dan B, serta Thamrin City Mall buka pukul 10.00 WIB.

“Alhamdulillah, semua lancar, kondusif, toleran dan bisnis di sector Pariwisata juga baik-baik saja,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada IndonesiaNew, Sabtu (3/12/2016).

Tingkat hunian hotel di kisaran Monas yang dipantau Tim Crisis Center Kemenpar juga terpantau stabil.

Tidak terjadi cancellation, tidak ada yang mempercepat check out, tidak ada kepanikan. Tidak ada kontraksi.

Jumlah wisatawan yang menginap di Hotel Kempinski, Hotel Sari Pan Pacific, dan Hotel Ibis Tamarin juga tidak turun. Hanya akses menuju hotel yang di Thamrin memang sedikit kendala, karena jalan ditutup saja.

“Reservasi kamar tidak ada cancel dan keamanan kami tingkatkan,” ujar Veno, Guest Sevice Hotel Grand Hyatt.

Suasana aman dan kondusif juga terlihat dari beberapa ruas jalan protokol Ibu Kota yang terlihat lengang dan tetap dapat dilalui kendaraan bermotor, seperti di ruas Jalan Sudirman, Jalan Asia Afrika, Jalan Gatot Soebroto, Jalan Rasuna Said dan jalan protokol lainnya di Ibu Kota yang terkena dampak terpusatnya warga yang memadati wilayah Monas, Jakarta Pusat dan sekitaran Jalan Medan Merdeka.

Bandara Soekarno Hatta juga normal, keberangkatan dan kedatangan tidak ada pembatalan.

Pengelola bandara Soekarno Hatta, Angkasa Pura II juga terus menjalin koordinasi yang baik. “Aman dan berjalan seperti biasa, tidak ada pembatalan penerbangan,” kata Kepala Humas AP II, Agus Haryadi.

Sementara itu, Bandara Ngurah Rai Bali, yang posisinya jauh dari Jakarta. Sampai saat ini passenger international arrival and departure berjalan normal seperti biasa, menurut info dari Airport Section Head, Ngurah Wijana, destinasi pariwisata di Bali yang tetap dikunjungi wisatawan dan berjalan kondusif.

“Kondisi keamanan destinasi pariwisata di Bali masih kondusif,” ujar Kadispar Bali, Agung Yuniarta.

Sama halnya dengan pintu masuk Great Batam menurut pantauan Tim Crisis Center Kemenpar, tidak ada gangguan dan berjalan normal, jadwal Keberangkatan dan Kedatangan di Bandara Hang Nadim Batam tidak ada pembatalan.

Masyarakat Indonesia sudah sangat dewasa, makin maju, dan toleran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*