Aksi Menpar Arief Yahya Bersihkan Pantai di Ambon!

IndonesiaNew, AMBON – Gerakan sadar wisata benar-benar ditunjukkan Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan bersih pantai bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Pantai Halong, Ambon.

Gerakan sadar wisata ini dilakukan Arief Yahya sehari sebelum puncak Hari Pers Nasional (HPN). Bahkan, dirinya pun tak segan-segan untuk mengambil peralatan kebersihan pantai berupa sapu serta serokan sampah untuk membersihkan sampah yang terlihat berserahkan di pasir Pantai Halong, Ambon.

Selain itu, bebersih pantai juga dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua Umum PWI Pusat Margiono.

“Kesadaran soal kebersihan harus ada di dalam diri sendiri, ciptakanlah iklim yang kondusif bagi kepariwisataan di Indonesia dengan menerapkan unsur aman, tertib, indah, sejuk, ramah serta yang paling utama adalah kebersihan,” jelasnya di Pantai Halong, Ambon, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, dengan menghadirkan destinasi wisata yang bersih maka secara tidak langsung memberitahu kepada seluruh wisatawan dunia jika Indonesia adalah negara yang bebas dari kotor.

“Ciptakan suasana bersih, informasikan kepada wisatawan agar berperilaku sapta pesona supaya saat wisatawan datang untuk berwisaa tidak mengganggu adat istiadat masyarakat setempat,” bebernya lagi.

Baginya, persoalan kebersihan masih belum 100 persen dilakukan di Indonesia. Terlebih, dari sisi kesehatan dan kebersihan yang dilakukan Travel and Tourism Competiiveness Report 2015 yang dibuat oleh World Economic Forum (WEF) Indonesia berada di urutan 109 sementara Singapura 61, Malaysia 73 dan Thailand 89.

Apalagi dari sisi indeks daya saing pariwisata Indonesia di 2014 menempati ranking 70, tahun 2015 di ranking 50 dan tahun 2019 Indonesia berada di ranking 30 dunia.

“Wisatawan dunia sudah pasti memilih tempat liburan yang memiliki ranking yang bagus dengan pertimbangan karena kenyamanan dan kebersihan. Ini harus dilakukan oleh Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*