Bandara Soekarno-Hatta (Foto: IndonesiaNew)

Angkasa Pura II Bicara Soal Singapore Airlines

IndonesiaNew, JAKARTA – Pembenahan bandara Soekarno-Hatta membuat maskapai internasional mulai mengurangi rute ke Jakarta. Angkasa Pura II pun angkat bicara soal perihal tersebut.

“Memang benar bandara Soekarno-Hatta sedang dalam pembenahan, tetapi untuk maskapai internasional baru Singapore Airlines yang mengurangi rute penerbangannya,” jelas Kepala Humas Angkasa Pura II, Agus Haryadi kepada IndonesiaNew, Senin (21/11/2016).

Agus Haryadi mengatakan bila pembenahan bandara Soekarno-Hatta harus dilakukan untuk keselamatan maskapai penerbangan pada saat take off maupun landing.

“Bandara Soekarno-Hatta dibangun tahun 80an hingga sekarang belum dibenarhi. Oleh karenanya, dari hasil penelitian di seluruh runway maka harus dilakukan perbaikan apalagi kondisi permukaan air sudah naik dan bila dibiarkan maka ini akan membahayakan maskapai penerbangan,” bebernya.

Bandara Soekarno-Hatta (Foto: IndonesiaNew)

Diakuinya, pembenahan di bandara Soekarno-Hatta ini memang mengarah kepada runway yang dimilikinya. “Bandara sedang dilakukan overlay atau penebalan, proses ini memakan waktu selama 15 bulan. Selain penebalan, runway juga dibersihkan dan dilakukan pengecekan secara merata,” paparnya lagi.

Menurutnya, meskipun dalam taraf pembenahan maka seluruh maskapai penerbangan tak perlu khawatir untuk melakukan pendaratan di Soekarno-Hatta.

“Selama 15 bulan, Soekarno-Hatta tidak ditutup tetapi akan dilakukan perubahan waktu beroperasi atau dikenal dengan istilah Indo-time. Di mana, runway akan ditutup di bagian north runway atau jalur utara yang dimulai pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB. Sedangkan south runway atau jalur selatan tetap beroperasi,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*