Bandara di Lampung siap diperpanjang (Foto: Travelchannel)

April 2017, Bebas Visa di Indonesia Siap Dievaluasi

IndonesiaNew, PURWAKARTA – Indonesia telah memberikan 169 negara untuk bebas visa liburan ke Indonesia. Rencananya, April 2017 bebas visa di Tanah Air akan dievaluasi.

“Bebas visa 169 negara itu efektif April 2016 dan mulai disosialisasikan. Otomatis April 2017, bebas visa akan dievaluasi,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya di Purwakarta, Jumat (6/1/2017).

Diakuinya, proses evaluasi ini akan dilakukan secara fair sehingga masyarakat Indonesia bisa mengetahui bebas visa yang sudah diberikan kepada 169 negara.

“Yang pasti, semua negara yang diberikan bebas visa memberikan dampak positif untuk Indonesia, apalagi kenaikan wisatawan mancanegara naik 19 persen,” lanjutnya.

Arief Yahya menilai evaluasi bebas visa dilakukan selama satu tahun, fungsinya agar bisa terlihat secara menyeluruh.

“Bebas visa itu impact-nya besar buat pariwisata, lihat saja Singapura, Malaysia dan Thailand,” tuturnya lagi.

Meskipun, beberapa isu nasional sempat merebak di Indonesia tapi hal tersebut tak menggoyahkan kunjungan wisatawan mancanegara untuk datang ke Tanah Air demi menikmati keindahan Indonesia.

“Hubungan wisatawan lebih people to people, ibaratnya setiap bapak ibunya berantem maka anaknya tetap tak berpengaruh. Begitupula dengan wisatawan mancanegara. Lihat saja jumlah wisatawan dari Australia menunjukkan grafik yang terus naik,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*