Casual dining, Northbridge cafe with local Urban art in the background.

Australia Mulai Sasar Turis Muslim

IndonesiaNew, AUSTRALIA – Potensi wisatawan Muslim untuk berlibur sangat besar, oleh karenanya Australia mulai serius menggarap potensi tersebut.

Australia Barat (Western Australia) adalah kota perpaduan keragaman budaya, etnis dan agama. Ada 270 bahasa (termasuk Bahasa Aborigin) yang dituturkan dan lebih dari 100 agama dan aliran kepercayaan yang dianut oleh penduduk Australia Barat.

Itulah salah satu alasan yang menjadikan Australia Barat sebagai tujuan yang ramah terhadap pendatang dengan latar belakang berbeda karena merangkul populasi yang beragam, termasuk kaum Muslim.

Saat ini, lebih dari 40.000 umat Muslim tinggal di Australia Barat, yang mana acara-acara seperti Idul Fitri dan Idul Adha merupakan acara komunitas yang penting dirayakan di seluruh wilayah Australia Barat.

Selain itu, terdapat beberapa perguruan tinggi dan sekolah Islam di ibukota Perth, serta banyak masjid dan tempat sholat umum.

Berjarak 4,5 jam penerbangan dari Jakarta, Perth sebagai pintu gerbang menuju Australia Barat memosisikan dirinya sebagai kota yang hidup, menawarkan masakan halal yang lezat, pemandangan alam yang memukau, serta cocok untuk dijelajahi dengan mengemudi secara mandiri untuk memaksimalkan waktu Anda di Australia Barat.

Restoran Halal Bersetifikat

Banyak pilihan kuliner yang dapat ditemui saat menjelajahi Perth. Beberapa restoran terbaik di Perth menawarkan pilihan menu yang semuanya halal atau hanya sebagian. Dari kafe dan restoran halal dengan harga terjangkau hingga restoran yang dianugerahi penghargaan, Anda akan dimanjakan dengan pilihan yang beragam.

Untuk menikmati masakan halal tradisional terbaik dari Lebanon, Anda dapat mengunjungi Chee Tayeb, Bistro otentik modern Lebanon di Perth. Dengan layanan yang luar biasa dan bahan-bahan rahasia dari resep yang tak lekang oleh waktu, Chee Tayeb memadukan desain modern dengan
orisinalitas langsung dari Lebanon.

Berpindah ke pinggiran Victoria Park, wisatawan dapat menyantap makan malam halal dengan pertunjukan di Elie’s Tent, tempat pengunjung dihibur dengan penari perut sembari melahap makanan Lebanon otentik yang lezat. Jika wisatawan mencari sedikit variasi, Sahara adalah tempat yang tepat.

Sahara memadukan masakan tradisional dari beberapa negara di Timur Tengah untuk pengalaman yang sangat eksotis, dengan mansaf (daging domba yang dimasak secara perlahan dalam yoghurt panas dan disajikan dengan salad Arab segar) sebagai menu yang wajib dicoba.

Jika wisatawan tertarik dengan makanan nan laut segar, pergilah ke Kailis Fish Market Cafe, restoran makanan laut yang dianugerahi penghargaan, yang terletak di Fremantle’s Fishing Boat Harbour (Pelabuhan Kapal Pancing Fremantle).

Dikenal dengan berbagai hidangan laut terbaik, Kailis selalu menyajikan makanan laut segar dan telah memenangkan penghargaan untuk fish and chips (ikan goreng tepung dengan kentang goreng) sejak 1928.

Jika merindukan makanan Indonesia, Tasik Indonesian Restaurant dapat menjadi tujuan Anda. Restoran ini menawarkan menu asli favorit Indonesia yang terbuat dari rempah-rempah, bumbu, dan bahan segar lainnya. Menu mereka disajikan dalam porsi besar yang bisa untuk berbagi, dan juga dilengkapi dengan menu halal untuk makan siang dan malam.

Restoran lainnya yang juga patut dikunjungi adalah PappaRich yang menyajikan masakan Malaysia, Istanbul Turkish Restaurant, Cairo Café, Eat Drink Raw dan Lobster Shack – tempat yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Pinnacles di Taman Nasional Nambung, terletak 2,5 jam perjalanan ke sisi utara Perth, Minggu (24/3/2019).

Masjid

Selain daftar panjang restoran halal, berkeliling di sekitar Australia Barat tidak akan menjadi hambatan bagi umat Muslim dikarenakan fasilitasnya yang dibuat ramah Muslim.

Anda dapat berhenti sejenak untuk salat sembari melihat keindahan Masjid Perth – masjid tertua dan paling populer di kota ini dibangun pada tahun 1905.

Masjid ini menggelar ibadah salat lima waktu dan salat Jumat, serta salat Ied. Terletak di pusat kota, Masjid Perth merupakan tempat penting bagi komunitas Muslim yang berkembang dan beragam dan merupakan bukti nyata multikulturalisme di Australia Barat.

Masjid lainnya, seperti Masjid Mirabooka, Masjid Beechboro, Masjid Hepburn juga menerapkan salat lima waktu dan salat Jumat.

Di Southern River Perth, wisatawan dapat menemukan Masjid Ibrahim, tidak hanya menawarkan fasilitas salat dan wudu, tetapi juga menyelenggarakan berbagai kelas pendidikan, mulai dari Tajwid dan Fiqih hingga Hadits dan sejarah Islam.

Selain masjid, wisatawan dapat menemukan musala yang dapat diakses di seluruh Perth selama perjalanan, seperti di London Court, arena perbelanjaan populer di CBD Perth, Musaala Kota Perth atau dikenal sebagai Musala Murray Street yang terbuka untuk salat Zuhur dan Asar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*