Bangkitkan Produk Lokal Melalui Harbolnas 2018

IndonesiaNew, JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 kembali digelar pada tanggal 11 dan 12 Desember 2018. Masuk ke tahun ke-7, Harbolnas tahun ini lebih mengangkat produk lokal.

Harbolnas merupakan puncak dari berbagai kegiatan perayaan belanja online yang sudah digelar dari September lalu. Sebanyak 300 e-commerce ikut serta dalam ajang tersebut.

Diakui Ketua Harbolnas 2018 Indra Yonathan bahwa Harbolnas merupakan terbesar di mana terdapat 300 e-commerce yang siap membangun digital di Indonesia dan ini hanya ada di Indonesia sehingga bisa membangun ekonomi di Tanah Air.

“Tujuan utama belanja untuk bangsa ini mengajak agar masyarakat terus belanja produk lokal apalagi kualitas dan mutu tidak kalah dengan luar negeri,” ucapnya di Jakarta, Kamis (5/12/2018).

Menurutnya, melalui Harbolnas ini maka semua produsen lokal bisa merasakan atmosfer dalam hal pengaruh bisnis sehingga bisa memahami kelebihan pemasaran melalui platform online.

“Dengan adanya Harbolnas bisa menjadi tempat buat masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi, karena dengan mudah untuk mengenalkan produk ke seluruh Indonesia serta mancanegara,” bebernya lagi.

Sementara itu, salah satu produk lokal yang ikut serta dalam Harbolnas 2018 ini yaitu CEO Crispy Ikan Si Petek Aang Permana mengatakan bahwa produknya dibuat dengan menggunakan Ikan Petek yang ada di Cianjur. Di mana, ikan ini berada di aliran Sungai Citarum, dulu sebatas dibuang karena banyak durinya.

“Dulu saya melihat di beberapa wilayah banyak ikan kecil kemudian saya lakukan pengecekan ke laboratorium ternyata ikan ini memiliki kalsium yang tinggi yakni setara dengan 16 gelas susu,” paparnya.

Aang mengutarakan bahwa kalau tidak ada masyarakat yang balik ke desa maka tidak akan ada perubahan, berbeda bila manusia itu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang banyak, dan ini bisa menjadi manfaat yang baik apalagi dalam satu hari menghasilkan puluhan ton ikan yang siap dikonsumsi.

“Kehadiran Harbolnas sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan kreativitasnya. Otomatis, pergerakan pertumbuhan perekonomian kian meningkat,” tuturnya.

Tak itu saja, Harbolnas 2018 ini pun didukung oleh tiga kementerian yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto melihat bahwa dukungan terhadap Harbolnas 2018 menjadi tolak ukur dalam sebuah kreativitas masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Apalagi, ajang ini selaras dengan misi dari Kementerian Perindustrian dalam mewajibkan e-commerce untuk memperjualbelikan produk lokal.

“Indonesia memiliki potensi besar dalam industri digital mengingat jumlah pengguna internet dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat ketimbang negara tetangga,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*