Wajah baru bandara Depati Amir Bangka (Foto: IndonesiaNew)

Beginilah Wajah Baru Bandara Depati Amir Bangka

IndonesiaNew, PANGKALPINANG – Indonesia terus memperbagus bandara di Tanah Air. Bandara Depati Amir kini memiliki wajah baru yang siap mempesonakan keindahan Indonesia.

Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, mulai tanggal 11 Januari 2017 tampil dengan wajah baru, yakni Terminal Baru yang modern dan megah, tanpa meninggalkan kearifan lokal.

Terminal Baru bandara Depati Amir Bangka terdiri dari 2 lantai ini dengan kapasitas 1,5 juta penumpang pesawat per tahun.

Bandara Depati Amir Bangka dilengkapi 12 check-in counter, 3 departure gate, 2 garbarata serta fasilitas penunjang lainnya seperti executive lounge, toilet difabel, 2 mesin self check-in, dan mushala.

Bandara Depati Amir Bangka (Foto: IndonesiaNew)

Tak ketinggalan fasilitas parkir kendaraan bermotor juga ditingkatkan menjadi 300 mobil dan 120 sepeda motor. Selain terminal penumpang, di Bandara Depati Amir saat ini juga tengah dikembangkan terminal kargo yang dilengkapi dengan area pergudangan.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan terminal baru dari bandara Depai Amir Bangka semakin meningkatkan pelayanan dan citra dari Bandara Depati Amir sebagai Pintu Gerbang Negeri Serumpun Sebalai, sekaligus dapat menjadi landmark baru di Kota Pangkalpinang.

“Melalui pengoperasian terminal baru ini juga menargetkan lebih banyak penerbangan dari dan ke Pangkalpinang guna mendorong pertumbuhan perekonomian dan pariwisata khususnya di Pulau Bangka & Belitung, AP II juga mempersiapkan terminal ini untuk melayani penerbangan internasional,” ucapnya kepada IndonesiaNew, Kamis (12/1/2017).

Dengan kehadiran wajah baru dari bandara Depati Amir Bangka mendapat respon positif dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Selamat atas beroperasinya Bandara Depati Amir! Akses menuju semua destinasi wisata bahari di Bangka, akan semakin lebar,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada IndonesiaNew.

Bagian dalam bandara Depati Amir Bangka (Foto: IndonesiaNew)

Menurutnya, ini menjadi kunci sukses mendatangkan wisatawan dengan cepat. “Bagi pariwisata, pengembangan destinasi itu kuncinya 3A, yakni Akses, Amenitas, dan Atraksi. Penambahan kapasitas bandara itu adalah program membuka akses! Akses adalah program prioritas kami di 2017,” bebernya.

Saat ini Bandara Depati Amir melayani penerbangan dari 6 maskapai yakni Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, NAM Air, Sriwijaya Air, Susi Air, dan Wings Air.

Selain terminal penumpang, di Bandara Depati Amir saat ini juga tengah dikembangkan terminal kargo yang dilengkapi dengan area pergudangan.

Adapun Terminal Baru Bandara Depati Amir ini merupakan salah satu dari lima terminal baru yang akan dioperasikan pada 2017 di bandara-bandara AP II lainnya yaitu di Bandara Silangit (Tapanuli Utara), Bandara Supadio (Pontianak), serta Terminal 3 khusus penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta dan juga Terminal khusus internasional di Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*