Beli Seafood, Masaklah Segera!

IndonesiaNew, JAKARTA – Edukasi memasak buat masyarakat Indonesia masih minim, termasuk usai membeli seafood. Buat, kamu yang suka seafood maka setelah membelinya segeralah dimasak.

“Seafood itu masuk dalam kategori bahan makanan yang renta terhadap bakteri, bahkan faktor kesegaran mudah hilang,” beber Komisaris Aerofood ACS Garuda Indonesia Vindex Tengker di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Tak hanya itu saja, seafood yang baru dibeli maka jangan dicuci terlebih dahulu ketika ingin disimpan ke dalam kulkas.

“Seafood juga masuk dalam kategori bahan makanan yang mudah menyerap air, saat dicuci maka kadar air di dalam seafood akan bertambah. Ini akan membawa dampak kesegaran seafood saat dimakan jadi berkurang,” lanjutnya.

Bahan makanan seafood yang bisa disimpan sebenarnya adalah udang, karena udang memiliki lapisan kulit yang tebal. Namun, udang saat dimasak juga akan memberikan rasa yang kurang ketika disimpan.

“Kulit udang sebenarnya berfungsi sebagai pelapis pertahanan kala berada di air. Oleh karenanya, saat berada di luar air yang bukan alamnya maka udang dengan mudah menimbulkan bakteri yang kuat. Oleh karenanya, kebanyakan orang yang memakan udang saat tubuhnya melemah mudah terkena alergi,” lanjutnya.

Bila, kamu tetap menginginkan untuk menyimpan seafood maka ada baiknya dikeringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu khusus makanan lalu masukkan ke dalam kantung kedap udara.

“Paling lama bertahan seafood disimpan di dalam kulkas khususnya freezer hanya satu minggu,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*