Candi Borobudur (Foto: Pegi-pegi)

Berwisata ke Borobudur Kini Lebih Mudah

IndonesiaNew, YOGYAKARTA – Selama ini berwisata ke Candi Borobudur sebatas menggunakan jalur darat. Kini, berwisata ke Candi Borobudur bakal dibuat lebih mudah.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan akan dilakukan upaya lain dengan membangun perlintasan KA baru yang rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun 2018. Diharapkan pembangunan jalur kereta api Yogyakarta ke Magelang selesai pada 2019.

“Pembebasan tanah 2 tahun, pembangunan pertengahan 2018, selesai 2019,” katanya di Yogyakarta, Selasa (8/11/2016).

Dirinya menuturkan bila estimasi biaya yang diperlukan untuk merealisasikan pembangunan perlintasan KA sepanjang 40 kilometer ini memerlukan biaya sekira Rp6 triliun yang bersumber dari APBN dan swasta.

Hal lain dituturkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo mengatakan nantinya jalur KA Yogyakarta – Magelang ini akan mengikuti jalur jalan raya yang ada.

“Jalur akan mengikuti jalur jalan raya yang ada saat ini, sekarang ini jalan propinsi akan ditingkatkan menjadi jalan nasional, jadi nanti yang dibangun yang dari Stasiun Sentolo ke utara (arah Magelang),” bebernya.

Untuk lebih meningkatkan kunjungan wisata khususnya di Jogja, Solo, dan Candi Borobudur nantinya KA yang melayani rute ini akan di desain secara khusus begitu juga dengan stasiun yang dilalui juga akan di desain dengan mengusung budaya kearifan lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*