Cap Go Meh di Singkawang (Foto: Wisatapontianak)

Besok, Cap Go Meh Siap Ramaikan Singkawang!

IndonesiaNew, PONTIANAK –Perayaan Cap Go Meh dirayakan seluruh warga Tionghoa di seluruh dunia yang merupakan hari terakhir perayaan Imlek. Termasuk di Singkawang, Pontianak.
Untuk di Kalimantan Barat, Cap go Meh bakal dirayakan di Kota Singkawang dengan 26 Duta Besar yang dipastikan hadir saat perayaan berlangsung.
“Selain 26 Duta Besar, dipastikan akan ada Wakil Presiden Negara Seychelles, Sekretaris General Asean dan Sekretaris Deputi Vietnam,” ungkap Kabid Publikasi Pemprov Kalbar, Emy Poetrina kepada IndonesiaNew, Kamis (9/7/2017).
Menurutnya, di perayaan Cap Go Meh ini seluruh Duta Besar bakal disuguhkan parade Tatung. Rencananya bakal dilaksanakan di Kantor Walikota Singkawang.
Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2568 Kota Singkawang, Andy Victorio menjelaskan sebelum menggelar pawai tatung, akan ada pula karnaval lampion.
“Wisawatan lokal dan asing juga disuguhkan hiburan musik dan beberapa penampilan tarian tradisional dari beberapa sanggar yang ada di Kota Singkawang. Lokasinya berada di kawasan Alianyang dan Jalan Firdaus Singkawang,” katanya lagi.
Ia menambahkan sebelum hari puncak digelar, para tatung akan berkeliling Kota Singkawang untuk melaksanakan ritual tolak bala dan bersih-bersih kota.
“Harapan dari ritual adalah agar Kota Singkawang terhindar dari aura negatif, terhindar dari penyakit dan marabahaya dan mendatangkan berkah, kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat,” tukasnya.
Seperti diketahui, pesta rakyat yang merupakan acara tahunan Kementrian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Kota Singkawang ini akan digelar pada 11 Februari 2017 dimulai pukul 07.00 Wib pagi dan berakhir hingga malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*