Pasar Puti Maifat (Foto: IndonesiaNew)

Besok, Pasar Berbasis Digital di Pekanbaru Dibuka!

IndonesiaNew, PEKANBARU – Berlibur ke Pekanbaru jangan lupa menyambangi Pasar Digital Puti Maifat yang ada di Rokan Hulu, Pekanbaru. Pasar ini dibuka besok!

Keberadaan Pasar Digital Maifat kian menambah deretan pariwisata yang ada di Tanah Pekanbaru. Pasar ini dibuka setiap weekend (Sabtu dan Minggu).

Kepala Dinas Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si mengatakan bahwa dalam pembukaan Pasar Digital Puti Maifat akan menampilkan beberapa kesenian daerah diantaranya silek Bungo(silat bunga) yang merupakan tradisi dalam suatu acara Melayu dalam menyambut tamu di daerah rokan hulu pada umumnya dan didesa Aliantan pada khususnya

“Tari Puti Maifat merupakan ikon dari Desa Aliantan dan dalam tarian ini mengisahkan sedikit perjalanan dari tokoh puti maifat tersebut yang bertujuan untuk menciptakan rasa cinta terhadap sejarah dan perjuangan, kemudian dalam acara ini terdapat atraksi rakyat berupa lukah gilo (sejenis alat pencari ikan yang di mainkan menggunakan ghaib sehingga bisa bergerak kian kemari),” bebernya, Sabtu (8/12/2018).

Pembukaan ini semakin meriah, pasalnya menampilkan kegiatan kuliner yang menampilkan sepuluh makanan khas yang ada di Desa Aliantan memiliki cita rasa yang sangat khas dan kental dengan makanan Melayu Riau.

Tak itu saja, ditampilkan pula kegiatan berbentuk benda akan di tampilkan museum yang terjaga dari zaman dahulu kala berupa keris dan dan pakaian Santano mudo (pakaian penjaga pribadi puti maifat) serta beberapa benda pusaka lainnya yang ada di daerah Aliantan, kemudian ada pula destinasi wisata yang ada salah satunya Suligi Hill serta objek lainnya.

“Di pasar ini sangat menarik karena dalam Grand Opening Pasar Digital Puti Maifat ini akan ditampilkan 2 kali dalam seminggu yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, dan terdapat pula uang yang didesain khusus otomatis menambah kemeriahan pasar tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutarakan destinasi digital menjadi cara cerdas buat menarik kunjungan wisatawan ke Tanah Air.

“Tak bisa dipungkiri bila era digital dibutuhkan oleh siapapun termasuk pariwisata Indonesia. Melalui digital maka dengan cepat keindahan Tanah Air terekspos dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*