Besok, Saung Rahayat Cianjur Digelar!

IndonesiaNew, CIANJUR – Setiap daerah di Indonesia memiliki kegiatan pariwisata yang layak dikunjungi termasuk Cianjur, Jawa Barat. Pasalnya, besok Minggu (10/2/2019) Saung Rahayat merupakan pesta rakyat Cianjur digelar.

Koordinator dan Divisi Saung Rahayat 2019 Reyhan Savero mengatakan bahwa ajang ini merupakan yang ke-5. Di mana, Saung Rahayat terdiri dari dua kata yakni Saung adalah rumah sedangkan Rahayat adalah rakyat maka Saung Rahayat yang merupakan bahasa Sunda berarti tempat berkumpulnya masyarakat.

“Saung Rahayat berfungsi sebagai pengenalan budaya dan seni khas Cianjur sehingga UKM Cianjur bisa diangkat, di sini juga dikenalkan batik khas Cianjur yakni batik beasan yang mempunyai motif beras dan ayam pelung yang merupakan identitas dari Kota Cianjur,” ucapnya kepada IndonesiaNew, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, Saung Rahayat juga mengangkat cerita tokoh masyarakat Cianjur, di mana ada dua tokoh yakni Kang Hayat dan Teh Iis sangat dihormati masyarakat Cianjur.

“Kang Hayat seorang pemuka agama, Beliau adalah sosok yang suka menyebarkan agama dan budaya sedangkan Teh Iis adalah seorang guru yang suka bekerja keras dan pantang menyerah untuk menjadikan generasi muda kaya akan ilmu pengetahuan,” lanjutnya.

Selain itu, dalam Saung Rahayat juga terdapat lima rangkaian cerita yaitu kirab Saung Rahayat merupakan arak-arakan masyarakat Cianjur di dalamnya terdapat pencak silat serta patung Gondewa.

“Bagi masyarakat Cianjur, pencak silat bukan sekedar olahraga melainkan ada olah rasa, lalu ada pula konsep kerajaan di mana terdapat patung Gondewa serta prajurit memegang panah. Hal ini disimbolkan untuk menjaga masyarakat Cianjur,” bebernya.

Selanjutnya, ada badawang merupakan raksasa yang berfungsi menampung kekecewaan masyarakat dan terakhir terdapat marawis memiliki arti bahwa masyarakat Cianjur selalu mengandalkan kekuatan Tuhan.

“Cianjur adalah Kota Santri sekaligus menjadi ikon Cianjur itu sendiri memiliki simbol pembersihan dari kekecewaan masyarakat yang ada pada badawang. Melalui marawis otomatis aspirasi masyarakat bisa dijernihkan oleh agama,” tukasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*