AirAsia (Foto: Livemint)

Buka Rute ke Wuhan, AirAsia Sambangi 7 Kota di Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Keseriusan AirAsia untuk mendatangkan wisatawan mancanegara lebih besar ke Indonesia bukan isapan jempol. Terlebih, AirAsia menyasar Wuhan, China ke tujuh kota di Indonesia.

Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Iwan Kamaruddin, mengatakan bahwa dibukanya rute ini akan semakin menambah akses bagi wisatawan asal China untuk menjelajahi destinasi-destinasi di Indonesia selain Bali, melalui jaringan Fly-Thru dari Kuala Lumpur yang ditawarkan oleh AirAsia.

“Seperti yang kita ketahui, potensi pasar China sangatlah menjanjikan dan kami harap pembukaan rute ini semakin menggaet lebih banyak wisatawan asal China untuk berkunjung ke berbagai kota di Indonesia, sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan dari negeri Tirai Bambu. Melalui layanan Fly-Thru, AirAsia akan menghubungkan penumpang dari Wuhan ke tujuh kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang, Denpasar dan Medan, melalui hub Kuala Lumpur,” ujarnya kepada IndonesiaNew, Senin (16/1/2017).

Layanan Fly-Thru memungkinkan pelanggan untuk melakukan proses check-in dari bandara asal keberangkatan.
Di samping itu, pelanggan juga tidak perlu mengambil dan melaporkan ulang bagasinya saat melakukan transit, karena bagasi tersebut telah ditandai sehingga dapat diproses secara otomatis untuk langsung dipindahkan ke penerbangan lanjutan, membuat perjalanan menjadi lebih efisien.

Saat ini mengoperasikan layanan penerbangan harian ke Wuhan dari Kota Kinabalu, sementara Thai AirAsia mengoperasikan dua kali penerbangan setiap harinya dari Bangkok dan juga penerbangan setiap hari dari Phuket ke Wuhan, sehingga jumlah penerbangan mingguan ke Wuhan saat ini berjumlah 28.

Penerbangan ke Wuhan tentunya akan singgah di Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan ini menggunakan Airbus A330-300 dengan kapasitas 377 kursi termasuk 12 kursi Premium Flatbed.

CEO AirAsia X Berhad, Benyamin Ismail mengatakan AirAsia sangat senang dapat menerbangkan langsung yang menghubungkan Kuala Lumpur dengan Wuhan, yang dioperasikan secara eksklusif oleh AirAsia X Berhad.

AirAsia X dan afiliasi penerbangan jarak pendek kami, AirAsia, adalah maskapai penerbangan asing terbesar di China, dan Wuhan akan segera menjadi hub virtual untuk Grup AirAsia dan AirAsia X karena kota ini akan melayani 32 penerbangan per minggu dari Kuala Lumpur, Kota Kinabalau, Bangkok dan Phuket.

“China adalah segmen yang terus mencatatkan peningkatan performa yang menjanjikan setiap tahunnya dan akan terus menjadi fokus dalam rencana pengembangan jaringan AirAsia X. Kami berkomitmen untuk terus menjaga perkembangan positif di pasar utama ini sementara juga mengembangkan produk-produk dan layanan inovatif untuk memenuhi kebutuhan penumpang kami,” tukasnya.

Seperti diketahui Wuhan adalah ibukota provinsi Hubei dan kota terpadat di China Tengah. Kota ini adalah pintu gerbang ke berbagai situs sejarah seperti Ancient Chibi Battlefield, yang juga dikenal sebagai Red Cliffs yang menjadi saksi sejarah pertempuran epik di masa dinasti Tiga Negara (Three Kingdoms Dynasty); Enshi Grand Canyon, situs wisata alam dengan pemandangan yang tak tertandingi; dan Gunung Yandi Shennong, salah satu zona hutan purba yang dilindungi di China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*