Dari Sinilah Nama Pondok Cina Depok Itu Muncul!

IndonesiaNew, DEPOK РHampir semua wilayah di Indonesia khususnya Jabodetabek memiliki sejarah di belakangnya. Tak terkecuali  Pondok Cina Depok.

Ternyata, kehadiran nama Pondok Cina Depok hadir karena punya sejarah di dalamnya. Pasalnya, di jaman dahulu kawasan Pondok Cina sebatas hutan belantara dan perkebunan yang dahulu diberi nama Kampung Bojong.

Sebelum kehadiran Belanda di Tanah Air, masyarakat China atau Tionghoa sudah membanjiri Indonesia. Hal ini diakibatkan dengan adanya pedagang Tionghoa yang datang dari Batavia (Nama terdahulu Jakarta-red), Minggu (25/12/2016).

Dahulu, orang-orang Tionghoa hanya menganggap Kampung Bojong sebatas tempat transit pedagang Tionghoa yang hendak berjualan di Depok.

Secara perlahan, pedagang Tionghoa yang berdagang di daerah Depok mulai menempati area hutan di Pondok Cina dengan sebatas mendirikan pondok yang cukup sederhana.

Bahkan, saat itu para warga maupun sesepuh di Kampung Bojong yang kebetulan memiliki darah Tionghoa ini tak keberatan untuk dibuat pondok.

Sejak itulah, lambat laun orang mulai menyebut wilayah Kampung Bojong menjadi Pondok Cina, hingga akhirnya di era 1918 wilayah tersebut resmi mengganti nama menjadi Pondok Cina.

Kekuatan ini kian diperkuat jika di tahun 1841 pembangunan rumah di Pondok Cina yang dibangun oleh arsitek Belanda hingga akhirnya di abad ke-19 dibeli oleh saudagar Tionghoa bernama Lauw Tek Lock yang kemudian diserahkan atau diwariskan kepada anaknya bernama Kapitan Der Chineezen Lauw Tjeng Shiang.

Makanya, jangan heran bila Kamu mendatangi Depok, Jawa Barat akan menemukan berbagai kosakata China yang melekat di sana. Sebut saja, Pondok Cina, Beji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*