Turis asing (Foto: Shutterstock)

Dari Sinilah Pasokan Wisman Terbesar ke Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Indonesia telah merilis jumlah wisatawan mancanegara di November 2016. Bahkan, torehan ini diyakini bisa melebihi target wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia hingga akhir 2016.

“Kita optimis bahwa target 12 juta tahun 2016 bisa dicapai, karena adanya kenaikan yang cukup besar bulan Desember, sebagai akibat beberapa faktor,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara, I Gede Pitana di Jakarta, baru-baru ini.

Diakuinya, torehan wisatawan mancanegara di Januari-November 2016 mencapai jumlah kunjungan 10,405 juta atau kenaikan 10,46% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Sedangkan November 2016 dibandingkan November 2015 mengalami kenaikan 20%. Ini adalah sebuah peningkatan yang cukup besar, dibandingkan pertumbuhan Dunia yang sekitar 4-5%,” tutupnya.

Menurutnya, faktor pertama pasokan wisatawan mancanegara ke Indonesia terkait dengan faktor seasonal, di mana bulan Desember selalu merupakan peak season, terlebih lagi dengan gencarnya promosi Indonesia di Luar negeri menjelang libur Desember.

Lalu kedua, kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara di Desember 2016 didukung oleh banyaknya penerbangan langsung yg baru dibuka, seperti penerbangan Garuda dari Mumbai (India), Citylink dari China, penambahan frekuensi dari Cheng Do China ke Bali dan Manado. Selain itu ada charter flight dari China ke Manado dan Bali.

“Ketiga, kegiatan cross border selama Desember 2016 juga sangat intensif kita lakukan, dengan berbagai kegiatan di Bagam-Bintan, maupun berbagai festival di Entikong, Aruk, Atambua, Sota, dan Skow (Papua),” lanjutnya.

Terakhir, ada banyak juga cruise yang masuk, seperti ke Semarang, Bali, dan Sabang. Demikian juga yacht yang banyak masuk ke Kepulauan Riau.

“Bali juga masih menjadi magnet wisatawan mancanegara berlibur ke Indonesia,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*