Konsumsi ikan pada anak (Foto: Healthbodyteam)

Depok Tingkatkan Konsumsi Ikan pada Anak

IndonesiaNew, DEPOK – Minimnya konsumsi ikan pada anak di Depok, Jawa Barat terus diperkuat. Salah satunya dengan memperkaya edukasi konsumsi ikan.

Menurut Netty Prasetiyani, Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melihat bila konsumsi ikan pada anak harus terus ditingkatkan.

“Menggugah anak-anak agar suka makan ikan. Dan mengetahui tentang kota tempat tinggalnya, berikut juga pemimpin kotanya,” katanya, belum lama ini.

Dikatakannya, bahwa ikan sebagai salah satu sumber protein, yang memiliki tingkat nutrisi dan gizi. “Pola memakan ikan harus disenangi anak-anak bahkan harus dijadikan teman makan mereka,” tambahnya.

Netty Prasetiyani menuturkan ikan memiliki berbagai varian baik mulai dari ikan tawar dan ikan laut, tapi tingkat konsumsi makan ikan di daerah lebih rendah dibanding Nasional.

“Depok tidak memiliki potensi perikanan laut. Tentu yang harus dilakukan adalah strategi budi daya di tengah masyarakat. Ada Balitbangdias atau balitbang lain yang bisa kerjasama dengan Distankan Kota Depok. Juga Forikan yang baru dilantik. Untuk meningkatkan usaha dan produk olahan ikan,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menyarankan agar anak minat konsumsi makan ikan maka cara pengolahan jangan hanya digoreng, dibakar serta dipepes.

“Buatlah sesuatu yang baru atau bikin olahan ikan yang kreatif. Cara ini bisa membuat anak menyukainya, masakan dari ikan yang bisa diolah seperti dibuat dimsum, burger maupun spaghetti ikan,” paparnya.

Baginya, dengan mengonsumsi ikan secara masif. Terlebih dimulai dari keluarga maka otomatis membuat anak suka menyantap ikan. “Ibu-ibu ajak anak makan ikan, biasakan dari rumah sehingga anak akan terbiasa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*