Pendaki wanita di pegunungan Antartika (Foto: Doc.Mahitalaunparbandung)

Dua Pendaki Wanita Unpar Tancapkan Merah Putih di Pegunungan Antartika

IndonesiaNew, ANTARTIKA – Kebanggaan nama Indonesia di dunia terus berkibar. Terlebih, bendera merah putih berkibar di Puncak Tertinggi Antartika.

Keberhasilan ini dilakukan oleh Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala dari Universitas Parahyangan Bandung yang mencapai puncak gunung Vinson Massif dengan ketinggian 4.892 mdpl.

Dengan beranggotakan dua orang pendaki perempuan berhasil mengibarkan bendera merah putih sekaligus menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada Rabu, 4 Januari 2017 pukul 23.48 waktu setempat atau Kamis, 5 Januari 2017 pukul 09.48 WIB.

“Keberhasilan kami ini menjadi persembahan untuk persatuan Bangsa Indonesia,” jelas salah satu pendaki Mathilda Dwi Lestari kepada IndonesiaNew, Jumat (6/1/2017).

Dalam menuju puncak gunung Vinson Massif, dua pendaki perempuan ini harus menempuh jarak 14 km yang menghabiskan 12 jam perjalanan. Bahkan, dalam perjalanan menuju puncak cuaca cerah serta angin kencang ditambah hawa dingin yang mencapai-33 derajat celcius ikut menemani mereka.

Perjalanan menuju puncak pun bukanlah hal mudah, apalagi perjalanan yang ditempuh mencapai empat hari yang dimulai sejak tanggal 1 Januari 2017.

Tak itu saja, menuju high camp bukan persoalan yang mudah pula. Di mana, suhu dalam perjalanan mencapai -30 derajat celcius belum lagi hujan salju dengan ditambah elevasi 1.020 meter dengan kemiringan terrain mencapai 45 derajat.

“Kita sempat singgah untuk istirahat di Low camp (2.800 mdpl), kemudian esok harinya melanjutkan perjalanan yang sebelumnya melakukan aklimatisasi sekaligus melakukan load carry ke high camp berikutnya di ketinggian 3.770 mdpl,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*