Suasana di Makassar (Foto: KKP)

Edukasi Maritim, Kementerian Kelautan dan Perikanan Perkuat Coremap-CTI di Makassar

Indonesia New, MAKASSAR – Edukasi soal kekayaan alam bawah laut terus digencarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kali ini sasarannya Sulawesi Selatan.

Edukasi kekayaan alam bawah laut yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini melalui Coremap-CTI.
Coremap-CTI (Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative) Imerupakan salah satu upaya nyata dari pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian Sumberdaya dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Kegiatan ini bertujuan ubtuk mengelola sumberdaya terumbu karang, ekosistem terkait, keanekaragaman hayati secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” jelas Andry Indriyasworo Sukmoputro selaku Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar kepada IndonesiaNew, Rabu (23/11/2016).

Penghasil kekayaan laut di Indonesia (Foto: IndonesiaNew)

Penghasil kekayaan laut di Indonesia (Foto: IndonesiaNew)

Diakuinya, Coremap-CTI melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir & Laut (BPSPL) Makassar dukung program Pelestarian Lingkungan Laut Dan Edukasi Maritim di Sulawesi Selatan.

Kegiatan Coremap-CTI berlangsung selama 5 tahun, di mulai tahun 2014. Lokasi program ini mencakup 7 kabupaten kota untuk wilayah timur ( Pangkep, Selayar, Raja Ampat, Wakatobi, Biak, Buton, dan Sikka) dan 7 kabupaten kota untuk wilayah barat (Tapteng, Nias Utara, Kepulauan Mentawai, Bibtan, Lingga, Natuna dan Kota Batam).

“Coremap-CTI mendukung BPSPL Makassar yang  melaksanakan tugas pengelolaan meliputi perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Coremap Kementerian Kelautan dan Perikanan (Foto: KKP)

Coremap Kementerian Kelautan dan Perikanan (Foto: KKP)

Untuk Sulawesi Selatan, program coremap dikembangkan di Pangkep dan Selayar. Bersama BPSPL Makassar yang merupakan salah satu unit pelaksana teknis (upt) di bawah lingkup Ditjen Pengelolaan Ruang Laut – Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Coremap-CTI melalui bpspl Makassar juga memberikan dukungan bantuan kepada Yayasan Makassar Skalia sebagai bentuk keseriusan dalam hal mengawal pelestarian lingkungan dan edukasi maritim.

Salah satunya melalui Yayasan Makassar Skalia yang melaksanakan program rehabilitasi terumbu karang di Pulau Samalona dan sekitarnya, melalui edukasi maritim untuk pelajar dan mahasiswa di kota Makassar, diberikan bantuan berupa 4 (empat) set alat Scuba Dive sekaligus kompresor untuk pengisian tabung selam melalui anggaran Coremap-CTI tahun 2016.

Pelabuhan di Pangkep (Foto: IndonesiaNew)

Pelabuhan di Pangkep (Foto: IndonesiaNew)

“Melalui Coremap-CTI bisa dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa dalam aktifitas program edukasi maritim yang kelas belajarnya dilakukan sambil berlayar menggunakan perahu Pinisi. Hal ini justru akan menambah minat dari generasi muda sekaligus akan memberikan pemahaman dan pengalaman baru serta kepedulian generasi muda tentang lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*