Faktor Cuaca, Pendakian Gunung Rinjani Ditutup di 2017

IndonesiaNew, LOMBOK – Gunung Rinjani menjadi salah satu pegunungan yang ramai diburu oleh para pendaki. Sayangnya, para pendaki tak bisa mendaki Gunung Rinjani di 2017.

Hal ini dipastikan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Agus Budi Santosa mengatakan jalur pendakian Gunung Rinjani akan ditutup di 2017.

“Pendakian ke Rinjani ditutup mulai Januari hingga Maret 2017, atau tiga bulan awal pertama di 2017,” jelasnya di Lombok Timur.

Menurutnya, penutupan pendakian ke Gunung Rinjani ini menjadi alasan yang utama. Pasalnya, alasan ini dilakukan demi keselamatan para pendaki.

“Kita selalu berpatokan kepada BMKG, karena BMKG mengetahui secara pasti bagaimana kondisi alam, cuaca di sekitaran Gunung Rinjani,” paparnya.

Diakuinya, penutupan ini tentunya diakibatkan faktor angin, badai, dan petir yang tentunya dapat membahayakan keselamatan pendaki. Bahkan, pihaknya tak bisa memastikan kapan jalur pendakian Gunung Rinjani akan dibuka di 2017.

“Gunung Rinjani tidak bisa serta merta ditutup atau dibuka tanpa adanya rekomendasi dari BMKG maupun Badan Geologi. ¬†Bagi kami, keselamatan itu paling utama. Terlebih, Gunung Rinjani sudah dikenal dunia,” tegasnya.

Meskipun sempat dibuka oleh pihak Taman Nasional Gunung Rinjani selepas meletusnya Gunung Barujari atau anak Gunung Rinjani tanggal 27 September 2016.

“Kita memang sempat membuka jalur pendakian di Gunung Rinjani, itu pun kita buka tidak semua jalur termasuk jalur menuju puncak Gunung Rinjani masih kami tutup,” bebernya.

Menurutnya, jalur pendakian Senaru hanya diperbolehkan sampai di Pelawangan Senaru, Lombok Utara.

Kemudian, jalur pendakian Sembalun diperkenankan sampai di Pelawangan Sembalun, Lombok Timur.

“Sedangkan, jalur pendakian dari Aik Berik, Lombok Tengah, hanya ditetapkan sampai Pelawangan Batu Belah,” tukasnya.

One comment

  1. Luar biasa pemandangan yang terdapat di pegunungan rinjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*