Bakcang ayam dan lamang baluo (Foto: Pemko Padang)

Festival 10 Ribu Bakcang Ayam & Lamang Baluo Masuk Calender of Event 2020?

IndonesiaNew, PADANG – Kehadiran Festival 10 Ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo berhasil membius puluhan ribu wisatawan, bahkan Pemerintah Kota Padang akan memasukkan festival budaya tersebut ke dalam Calender of Event pariwisata Indonesia di tahun 2020. Benarkah?

Festival 10 ribu Bakcang dan Lamang Baluo ini diadakan di Kawasan Kota Tua, Jalan Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat berlangsung sukses. Bahkan, saat penutupan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

“Dengan melihat kesuksesan festival ini maka kami selaku Pemerintah Kota Padang akan mendaftarkan festival ini untuk masuk ke dalam agenda Calender of Event Indonesia khususnya dari Sumatera Barat,” ucap Walikota Padang H. Malyedi, Jumat (7/6/2019).

Diakuinya lagi, bahwa festival budaya ini sangat menunjukkan persatuan dan kesatuan Indonesia sehingga layak untuk dimasukkan ke dalam Calender of Event 2020. Apalagi ini menjadi event pertama di libur lebaran, sehingga kian memperkaya keindahan Indonesia.

“Ini sejarah di Indonesia, dua budaya berbeda yang disatukan dan bisa menjadi contoh keberagaman dalam kerukunan dan menjadi pertama di Indonesia,” paparnya.

Kehadiran festival ini maka bisa membawa Kota Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang kuat toleransi beragama, bahkan hingga kini Kota Padang seluruh masyarakat merasa aman.

Dengan melihat keseriusan Kota Padang untuk menambah daftar panjang agenda Calender of Event selain Tour dengan Singkarak, maka dari pihak Provinsi Sumatera Barat menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Kota Padang untuk senantiasa bahu membahu guna menjadikan Festival 10 Ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo untuk masuk ke dalam Calender of Event di 2020.

“Pemerintah tidak ingin mengambil alih kegiatan ini, ini nilai yang luar biasa dan tidak dibeli dengan uang, kita mendukung dan biarkan masyarakat berkembang dan kita harus mendukung sepenuhnya,” tambah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Keseriusan Pemerintah Kota Padang untuk memasukkan salah satu agenda pariwisatanya disambut positif oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Apalagi, ajang ini menjadi pertama di Indonesia yang diadakan di momentum Idul Fitri.

“Ada dua budaya yang dihadirkan di Festival 10 Ribu Bakcang Ayam dan Lamang Baluo , tentu membawa dampak besar buat wisatawan khususnya wisatanya China yang menjadi target utama pasokan wisatanya mancanegara di era Presiden Jokowi. Terlebih, salah satu syarat utama agar agenda pariwisata suatu daerah bisa masuk ke dalam event nasional harus memiliki ruang lingkup yang besar,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*