Festival Border Aruk Raup 6 Ribu Wisatawan Malaysia

IndonesiaNew, SAMBAS – Border tourism terus diperkuat oleh Kementerian Pariwisata. Kali ini menggebrak melalui Festival Border Aruk di Kalimantan Barat.

Dalam dua hari, Festival Border Aruk ini berhasil meraup 6.137 wisatawan asal Malaysia. Wisatawan Malaysia yang datang kebanyakan dari wilayah Malaysia Timur. Diantaranya Serawak dan Sabah.

Di hari pertama 1.432 wisatawan Malaysia hari kedua 4705 wisatawan Malaysia.

Angka ini telah melampaui angka FWI sebelumnya 3.332 wisman bulan September. Ada kenaikan kunjungan 2.805 wisman.

Festival Border Aruk Kalimantan Barat (Foto: Kementerian pariwisata)

Festival Border Aruk Kalimantan Barat (Foto: Kementerian pariwisata)

Capaian yang luar biasa mengingat even pertama Februari hanya 100 kunjungan. “Ini data resmi yang dicatat imigrasi pos lintas batas Aruk. Melampaui target yang kita tetapkan saat rakor yaitu 5000 wisman,” kata Kepala Bidang Festival Asia Tenggara Kemenpar RI, Eddy Susilo dalam rilis yang diterima IndonesiaNew, Senin (7/11/2016).

Festival ini diadakan di Lapangan Sajingan Besar Aruk kec Sajingan kab Sambas Kalbar. Lapangan berkapasitas 10000 orang itu penuh sesak. Warga dua negara bersebelahan itu tumplek blek jadi satu.

Bahkan meluber ke jalan jalan karena lapangan tidak cukup. “Saya mencatat dari waktu ke waktu Festival ¬†Wonderful Indonesia di perbatasan itu terus meningkat. Karena ada hiburan baru yang menarik buat orang Malaysia,” beber Rizki Handayani Mustafa, Asdep Pengembangan Pemasaran Wilayah ASEAN Kementerian Pariwisata Indonesia.

Menurutnya, setelah ramai, kelak harus punya destinasi sendiri di kawasan tersenut, sehingga oramg Malaysia bisa lebih lama berkunjung ke tanah air

Membludaknya penonton Malaysia di festival pamungkas cross border tourism 2016 ini juga terilihat dari mobil mereka yang memadati area parkir.

Karena tidak cukup masih meluber ke badan jalan.  Sepanjang 300 meter berderet di pinggir kiri dan kanan jalan.

Dalam Festival Border Aruk Kalimantan Barat ini menghadirkan penyanyi dangdut ternama Siti Badriah.

Dari catatan imigrasi Pos Lintas Batas Aruk, selama dua hari festival ada 700 mobil masuk Indonesia.

Kepala Pos Imigrasi Lintas Batas Aruk, Abdullah, SH mencatat wisman Malaysia yang lewat border menonton Festival Wonderful Indonesia.

Tenaga imigrasi berjumlah 6 orang yang biasanya mendata 10 orang wisman hari biasa, dua hari berlangsung festival mencatat ribuan orang. “Hari pertama festival ada 1600 wisman masuk, hari kedua 4700 wisman,” tukasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*