Gempa Palu & Donggala, Menpar Arief Kirim 2 Orang Pantau Wisatawan

IndonesiaNew, JAKARTA – Kementerian Pariwisata Indonesia terus bekerja mencari wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik yang berada di Palu dan Donggala akibat bencana gempa.

Melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya, pihaknya mengirimkan dua orang guna memantau wisatawan yang berada di Palu dan Donggala.

“Kita monitor terus dan fokus ke wisatawan selain 3 A dan kirim dua orang kemenpar khusus untuk mengkonfirmasi kondisi di sana,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta belum lama ini.

Selain itu Ketua Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata Indonesia Guntur Sakti menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring guna mengetahui wisatawan yang berada di sana saat gempa terjadi.

“Kita fokus memberikan layanan informasi ke semua pihak baik ke media, negara hingga yang membutuhkan holding statement,” paparnya.

Selain itu, kesigapan yang pertama yang dilakukan adalah tanggap darurat. Cara ini menjadi langka penting buat mengetahui kondisi wisatawan di sana.

“Informasi yang akurat adalah media, kemudian Kementerian Luar Negeri yang fokus menangani orang asing. Bahasa yang dibutuhkan masih warga negara asing terlebih beberapa wisatawan mancanegara ada di sana. Saat terjadi seperti gempa maka dilakukan tanggap darurat dan Kementerian Pariwisata hadir disana untuk memberikan informasi kepada wisatawan,” lanjutnya.

Meskipun, akses ke Palu dan Donggala sangat sulit belum lagi soal keamanan, 276 BTS tidak berfungsi namun Kementerian Pariwisata Indonesia bekerja keras untuk memberikan informasi terakurat.

“Solusi terus dicari dan zona yang paling dekat dengan Palu seperti Makassar. Yang pertama observasi kedua memastikan korban termasuk di hotel-hotel. Data kepastian masih dibutuhkan, apalagi akses masuk ke sana sangat sulit,” urainya lagi.

Diakuinya, pihaknya selalu memberikan update informasi per 12 jam, terlebuh soal kondisi warga negara yang ada di Palu meskipun sebagian besar aman kecuali tiga orang Perancis belum ditemukan, sementara itu wisatawan mancanegara yang aman berasal dari Vietnam selamat dan sudah berada di Makasar.

“Di sana ada kompetisi paragliding serta hari habitat dunia dan rangkaian kegiatan tour de Celebes. Apakah mereka partisipasi atau bukan kita belum tahu. Buat persoalan hotel yang parah semua yang posisinya berada di pinggir pantai,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*