Genting Skyway Malaysia, Mengagumkan!

IndonesiaNew, MALAYSIA – Menaiki kereta gantung di tempat wisata mungkin sudah biasa. Pernahkah merasakan naik kereta gantung tapi melewati pegunungan?

Mungkin sebagian orang belum percaya, bila kereta gantung di Genting Highland Malaysia melewati pegunungan yang luar biasa mengejutkan kedua mata wisatawan.

Pasalnya, di sini Kamu bakal melihat sebuah gunung diubah menjadi tempat wisata mengagumkan. Dialah cabel car Genting Skyway di Malaysia.

Cabel car alias kereta gantung atau gondola Genting Skyway menghadirkan kesan luar biasa bagi pengunjungnya. Apalagi, Genting Skyway melewati salah satu gunung ternama di Malaysia, yakni Gunung Ulu Kali, yang merupakan hutan hujan hingga menambah kesan alaminya.

Dengan pemandangan yang menakjubkan, maka kereta gantung ini menjadi tujuan wajib kebanyakan turis asing, Genting Skyway telah menjadi magnet baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal yang bekerja maupun sebatas membawa keluarga berlibur.

“Genting Skyway ini sehari-harinya digunakan oleh masyarakat Malaysia sebagai alat transportasi, selain dinikmati oleh para turis mancanegara yang berkunjung,” tutur Manager Operation Genting Skyway, Ungzer Abdul Halim kepada IndonesiaNew di Genting, Malaysia, belum lama ini.

Genting skyway memiliki jarak tempuh 3,4 Kilometer (KM) yang dimulai dari Genting menuju Gohtong Jaya atau sebaliknya. Kereta gantung ini memiliki waktu tempuh 15 menit untuk sekali jalan.

Guna menjaga keamanannya, maka jarak gondola yang satu dengan lainnya sekira 70 meter. Masing-masing kabin kereta gantung juga diberi warna berbeda.

Genting Skyway Malaysia (Foto: YouTube)

“Kamu bisa lihat semua cabel car-nya tidak ada yang memiliki warna gelap maupun putih. Ini dikarenakan faktor penerangan malam hari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya, kami memilih warna cerah untuk diberi pada setiap gondola yang kami miliki,” paparnya.

Untuk kenyamanan wisatawan, pihaknya kerap melakukan pengecekan demi menjaga rasa nyaman pengunjung selama menikmati atraksi kereta gantung.

Perawatan dilakukan setiap satu bulan, tepatnya tiap Rabu pada pekan pertama. Genting Skyway memiliki 100 kabin kereta gantung yang beroperasi setiap harinya, terdiri dari 98 kereta gantung khusus pengunjung serta dua kereta gantung khusus para teknisinya.

“Apabila gondola yang kami miliki tidak berfungsi, maka gondolanya tidak akan berjalan keluar dari pintu yang sudah ditentukan sebab di setiap relnya ada sensor pelacak otomatis untuk mengetahui kondisi dari gondolanya,” sambungnya.

Demi merasakan bagaimana menaiki Genting skyway, IndonesiaNew tak menyia-nyiakannya. Gondola ini langsung terkunci otomatis ketika Kamu berada di dalam.

Ketika melewati gerbang utama, dijamin Anda akan terbius dengan keindahan alam di sekelilingnya. Terlebih bila menaiki gondola dari Genting, tubuh seraya bergetar dengan terjalnya turunan dari ketinggian di atas 6 ribu kaki.

Berbeda saat perjalanan dimulai dari Gohtong Jaya menuju Genting sebab kereta gantungnya melaju dengan arah ke atas.

Selain dibius kenikmatan pemandangan alam atas Gunung Ulu Kali, Kamu ditemani suara burung, orang utan, dan monyet liar yang terus menggaung. Pada saat gondola melewati batas tiang penyangga, maka akan ada bunyi yang sedikit mengganggu. Tak perlu khawatir, pasalnya itu bukan tanda bahaya.

“Untuk satu gondola atau cabel car, maka kami hanya memperbolehkan kapasitas penumpang sebanyak delapan orang. Bila membawa barang bawaan, dilarang di atas 680 kilogram,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*