Belitung (Foto: IndonesiaNew)

Geopark Belitung Bakal Masuk UNESCO

IndonesiaNew, BELITUNG – Indonesia akan mencatatkan namanya di dunia internasional, kali ini melalui Geopark Belitung akan masuk di UNESCO.

“Alhamdulillah Geopark Belitung direspon positif Assesor Geopark Global Network (GGN) UNESCO, Guy Martini. Kerja tim yang cepat, keragaman dan keindahan geopark Belitung banyak dipuji Martini,” terang Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib yang didampingi PIC Tanjung Kelayang Larasati kepada IndonesiaNew, Rabu (11/1/2017).

Hiramsyah S Thaib mengatakan bila pihak UNESCO sempat memverifikasi Geopark Belitung pada tanggal 26 – 29 Desember 2016.

“Hasilnya? Sangat positif. Batuan granit besar, batuan bertekstur porfiritik, mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende beraneka warna hingga batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar yang tersebar merata di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur,” bebernya lagi.

Dengan melihat hal inilah, menjadikan pemerintah Indonesia sangat opimis bila Geopark Belitung akan masuk ke level dunia.

“Prediksinya, dalam kurun waktu 1- 2 tahun Geopark Belitong sudah bisa mendapatkan status sebagai geopark nasional, setelah itu bisa didorong ke level dunia,” tambahnya lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif perihal kabar gembira Geopark Belitung. Baginya, ini menjadi bagian progress dalam mengembangkan Belitung sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas.

“Contoh riilnya sudah banyak. China misalnya. Dari pendapatan wisata sekitar USD6 miliar atau Rp80 triliun, sekitar 62 persen di antaranya atau mencapai Rp49 miliar, disumbangkan dari pengelolaan 33 kawasan geopark dunia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*