Yacht (Foto: Dailymail)

Tebar Pesona Keindahan Kalimantan Tengah Melalui Wonderful Sail to Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Sejumlah wilayah di Indonesia punya cara tersendiri buat menarik wisatawan untuk berlibur, termasuk Provinsi Kalimantan Tengah. Melalui Wonderful Sail to Indonesia, wilayah ini menebar pesona keindahannya.

Demi memanjakan wisatawan mancanegara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengatakan sejumlah agenda telah dirancang melalui pertunjukan kesenian dan budaya daerah.

“Ada tujuh paket wisata pilihan yang bisa menarik wisatawan, ketujuh paket tersebut diantaranya Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Pesalat, Pondok Ambung, Camp Leakey, Sungai Buluh Besar dan Sungai Arut Tebal serta Sungai Perlu,” ucapnya, Senin (3/9/2018).

Selain itu, Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Fahrizal Fikri menambahkan wisatawan mancanegara yang datang dengan menggunakan yacht ini juga bisa melihat area gambut seluas 450 ribu hektar yang ada diatas hutan rawa yang siap dinikmati.

Baginya, daerah ini bakal dikembangkan menjadi kawasan strategis nasional yang dipoles dengan ragam budaya setempat sehingga menjadi destinasi yang bisa memukau hati dunia.

“Di Kalimantan Tengah juga terdapat Kampung Pelangi yang berada di bantaran Sungai Kumkai sepanjang 4 kilometer. Di sini, wisatawan bisa melihat kehidupan sosial masyarakat yang masih alami,” bebernya.

Tak itu saja, wisatawan juga bisa melihat bagaimana masyarakat yang ada di Desa Raja Seberang membuat kapal phinisi yang terbuat dari kayu. Kapal yang dibuatnya pun beragam, bahkan pesanannya sudah sampai ke mancanegara.

“Wisatawan juga bisa menikmati sunset yang menyinari perairan sungai yang ada di Sungai Arut sehingga ini menjadi pesona indah yang membawa kenangan bagi wisatawan,” lanjutnya.

Hal serupa diutarakan oleh Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono Soesilo . Di mana, event ini menjadi branding wisata layar yang prestisius bagi Indonesia di tingkat internasional serta menciptakan jalur rali yacht terbaik di dunia. Oleh karenanya, selama lima bulan para yachter berlayar bisa singgah di beberapa titik pulau-pulau Indonesia guna berlabuh.

“Ada sekira 53 destinasi yang bisa disinggahi buat dinikmati, mulai dari entry port hingga exit port. Hal ini tentu bisa menjadikan wisatawan menikmati kuliner serta berburu souvenir yang diinginkan,” bebernya lagi.

Menurutnya, seluruh yacht telah bergerak memasuki wilayah di Indonesia sejak tanggal 9 Agustus menuju Badas di Sail Tambora yang kemudian akan memasuki wilayah Kalimantan. Bahkan, para yachter ini pun juga sudah ada yang bergerak sejak tanggal 24 Juli 2018 dari Maluku Tenggara sebanyak 54 kapal yang berhenti di setiap kabupaten-kabupaten.

“Besok, para yacht tiba di Labuan Bajo, lalu di tanggal 8-12 Agustus masuk di Badas dan akan menuju Lombok Utara sekira tanggal 17-19 September 2018 selanjutnya menuju Buleleng, Bamean dan berakhir di Kumai tanggal 8-11 Oktober 2018,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*