Ikan Hiu Masuk Kategori Hewan Hampir Punah

IndonesiaNew, JAKARTA – Ikan hiu menjadi salah satu hewan yang menakutkan, namun binatang laut ini sudah masuk dalam kategori hampir punah.

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Laut, Brahmantyo Satyamurti Poerwadi mengatakan jika jumlah ikan hiu sudah mencapai angka seratus. Hal ini masuk dalam kategori binatang yang hampir punah.

“Bayangkan saja setiap hari ikan hiu diburu hanya untuk diambil siripnya saja. Sekarang saja jumlahnya sudah 141.280 ekor ikan hiu yang harus diselamatkan,” jelasnya usai acara refleksi 2016 dan outlook 2017 di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Medan Merdeka Timur, baru-baru ini.

Diakuinya, jumlah 141.280 ekor ini setara dengan 28.256 kg sirip ikan hiu. Kebanyakan yang diburu adalah hiu martil dan hiu koboi.

“Target kita mengecilkan maka masyarakat akan membuat sadar. Kita akan memperketat soal konservasi hewan,” bebernya lagi.

Dengan melihat kondisi ikan hiu yang mendekati kepunahan, membuat pemerintah Indonesia melalui kementerian kelautan dan perikanan harus mengambil tindakan tegas bagi siapapun yang menangkap ikan hiu.

Apalagi, secara jelas jika dalam Permen KP No. 34/2015 mengatakan adanya larangan pengeluaran ikan hiu koboi dan hiu martil dari WPP-NRI ke luar wilayah di Indonesia.

“Kita harus terus menyadarkan masyarakat soal konservasi hewan. Di beberapa daerah di Indonesia sudah ada penegakkan hukum,” paparnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak penegak hukum untuk terus mendata soal penjualan sirip ikan hiu.

“Pemangku kebijakan juga terus dipantau agar perburuan ikan hiu semakin hilang,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*