Inilah 5 Negara Terbanyak Liburan ke Jawa Tengah

IndonesiaNew, JAKARTA – Sejumlah destinasi di Indonesia menjadi perburuan wisatawan mancanegara untuk berlibur termasuk Jawa Tengah. Ternyata, di wilayah yang berada di Pulau Jawa kerap dikunjungi oleh lima negara yang masuk dalam jumlah penyumbang terbesar bagi Jawa Tengah.

“Ada lima negara yang terbanyak liburan ke Jawa Tengah, yaitu pertama Malaysia lalu China, ketiga Singapura, Belanda, dan Amerika Serikat,” beber Kepala Seksi Pengembangan Pasar Dinas Pariwisata dan Olahraga Jawa Tengah Tanti Apriyani kepada IndonesiaNew di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Menurutnya, untuk Malaysia menyumbang 23,61 persen kemudian China 12,96 persen lalu Singapura 9,72 persen selanjutnya Belanda 9,26 persen kemudian Amerika Serikat 8,33 persen. Selain itu, beberapa destinasi juga menjadi incaran bagi mereka saat berada di Jawa Tengah baiki wisata alam maupun budaya.

“Untuk wisata alam tertinggi adalah dataran tinggi Dieng, posisi kedua ada Pulau Karimun Jawa, ketiga ada Puntuk Setumbu, keempat ada Pantai Kartini dan kelima ada Puncak Sekunir. Lalu ada juga untuk wisata budaya menempati urutan pertama adalah Candi Borobudur, kedua Kraton Surakarta, ketiga Candi Sukuh, Lawang Sewu dan kelima Kota Lama Semarang,” bebernya lagi.

Selain dua destinasi di atas, ada juga destinasi wisata  buatan yang juga menjadi incaran wisatawan mancanegara. Baginya, kebanyakan wisatawan mancanegara mengincar souvenir guna menjadi kenangan buat mereka.

“Pasar Klewer menempati urutan pertama lalu ada Batik Pekalongan, Batik Lasem, Pusat Grosir Solo (PGS) dan yang terakhir adalah Baruraden,” paparnya.

Lantas, seberapa besar wisatawan mancanegara ini mengeluarkan biaya selama liburan di Tanah Air khususnya Jawa Tengah? “Rata-rata long of stay-nya selama tujuh hari dengan biaya pengeluaran per hari dari USD250 hingga USD500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*