Turis asing (Foto: Oneindia)

Inilah Pengeluaran Uang Wisman Selama di Indonesia

IndonesiaNew, JAKARTA – Pemerintah Indonesia terus melakukan gebrakan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara guna menambah devisa. Lantas, berapakah pengeluaran uang wisatawan mancanegara selama di Indonesia? Inilah jawabannya.

Menurut Direktur Statistik Keuangan, Teknologi Informasi dan Pariwisata Badan Pusat Statistik Titi Kanti Lestari mengatakan jika rata-rata spending money atau pengeluaran uang wisatawan mancanegara saat liburan ke Indonesia yakni USD1200 per visit.

“Hitungan capaian USD1200 per visit dihitung dari pintu masuk di Indonesia baik melalui udara, laut dan darat,” bebernya di Badan Pusat Statistik (BPS), Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (30/1/2017).

Diakuinya, hitungan yang dilakukan Badan Pusat Statistik adalah berdasarkan waktu lama tinggal wisatawan mancanegara selama tujuh hari.

“Di perbatasan di Indonesia dari 29 Kabupaten yang ada di perbatasan yakni USD50 atau setara Rp644 ribu per kunjungan. Hitungan ini diambil dari sisi perbatasan darat,” tambahnya.

Titi Kanti Lestari mengatakan perhitungan ini belum dilihat dari sisi pintu masuk lainnya. Pasalnya, Indonesia bukan hanya dari segi udara dan laut melainkan ada pula laut.

“Per hari rata-rata wisman ke Indonesia yakni USD141,65. Ini dilihat dari hitungan di luar perbatasan darat yang masuk melalui 19 pintu masuk di Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*