Intip Cara Hotel Tauzia Rayakan Hari Batik Nasional

IndonesiaNew, JAKARTA – Dalam merayakan Hari Batik Nasional di bulan Oktober, semua hotel di Tanah Air memiliki cara tersendiri guna memikat hati konsumen termasuk hotel-hotel Tauzia yang menggelar event bertajuk ‘The Colors of Tauzia’.

Ajang ini menjadi edukasi kepada masyarakat untuk membagi pengetahuan akan kain tradisional Indonesia sekaligus memperkenalkan ‘brand-brand’ Tauzia lewat warna-warna yang terjadi pada proses pewarnaan kain secara tradisional, yaitu proses Batik dan Shibori yang diadakan di Museum Tekstil, Jakarta Barat.

Batik adalah warisan berharga budaya Indonesia. Seni membatik adalah teknik pencelupan lilin yang diterapkan ke kain. Tradisi batik telah datang dari sejarah panjang akulturasi yang menghasilkan pola beragam dipengaruhi oleh berbagai budaya.

Batik melesat menjadi lebih popular di masyarakat Indonesia setelah Batik Indonesia menerima pengakuan internasional sebagai Masterpiece of Oral dan Intangible Heritage of Humanity pada bulan Oktober 2009 dari UNESCO.

Sekarang orang lebih menghargai batik daripada sebelumnya. Perancang busana dari pemula hingga yang yang telah memiliki ‘brand’ terkenal aktif merancang batik yang lebih modis dan bergaya santai. Batik tidak lagi hanya dikenakan oleh orang yang lebih tua.

Orang muda pun jadi lebih menyukai Batik. Mereka memakainya di setiap kesempatan, baik formal atau santai dengan kreativitas mereka sendiri.

“TAUZIA Hotels baru-baru ini meluncurkan seragam baru yang dibuat khusus untuk TAUZIA oleh Danar Hadi. Dan sekarang kami ingin merayakan Hari Batik dengan cara yang berbeda,” ucap Direktur Pemasaran Hotel TAUZIA Irene Janti di Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Pihaknya ingin lebih banyak orang mencintai Batik, tetapi terlebih lagi, untuk lebih menghargai proses pembuatan Batik. Itulah mengapa menyelenggarakan ‘workshop’ untuk masyarakat yang ingin belajar dan memahami dasar pembuatan Batik.

“Kedepannya, kami berharap bahwa dengan menghargai proses pembuatan batik, orang akan lebih antusias dan bahkan ingin dapat
mewariskannya ke generasi berikutnya,” ulasnya.

‘The Colors of TAUZIA’ terbuka untuk umum, setiap peserta akan mendapatkan 2 jenis workshop yaitu pembuatan Batik dan pembuatan Shibori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*