Sate Lilit (Foto: Foodandhealthlylife)

Jangan Kaget, Indonesia Miliki 528 Restoran di Seluruh Dunia

IndonesiaNew, JAKARTA РBanyak yang mengira bila Indonesia sebatas memiliki restoran di Asia Tenggara saja, padahal ada di seluruh dunia.

Kehadiran kuliner Indonesia tentunya menjadi kelezatan tersendiri khususnya di dunia internasional.

Bahkan, bisa jadi kuliner Indonesia yang dikenal hanyalah rendang semata. Padahal, ada sejumlah kuliner Indonesia yang ada di dunia internasional.

“Jumlah restoran Indonesia di Internasional ada di 10 negara,” ucap Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia kepada IndonesiaNew di acara Blue Band di Plataran Dharmawangsa, Rabu (14/12/2016).

Menurutnya, restoran Indonesia ada di China, Australia, Jepang, Malaysia, Amerika (San Fransisco, Houston), Singapura dan beberapa diantaranya ada di Eropa.

Namun demikian, jumlah restoran yang dimiliki Indonesia masih kalah dengan Malaysia, Thailand, Jepang, Korea.

“Indonesia baru memiliki 528 restoran di luar negeri. Sedangkan Malaysia 600, Jepang 89 ribu, Thailand sudah 150 ribu,” lanjutnya.

Diakuinya, dalam menghidupkan restoran Indonesia di Internasional masih memiliki kendala. Salah satunya adalah pasokan bahan baku.

“Minimnya bahan baku jadi problem utama, central kitchen bisa di Indonesia, tapi semua faktor harus diperkuat untuk bumbu diluar negara. Thailand misalnya diperkuat dengan Thai airways dan itu harus dilakukan juga oleh Indonesia. Meskipun di beberapa negara seperti Belanda, Los angeles, Miami, hingga San Francisco sudah ada bumbu Indonesia tapi itu masih kurang,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*