Jangan Lewatkan Festival Tanjung Kelayang di Belitung Hari Ini!

IndonesiaNew, BELITUNG – Merasa jenuh akibat padatnya aktifitas bekerja? Hilangkan penat tersebut dengan datang ke Festival Tanjung Kelayang di Belitung yang diadakan tanggal 15-19 November 2018.

Festival Tanjung Kelayang merupakan salah satu agenda pariwisata Indonesia dari 100 calendar of event yang ada di Tanah Air. Beragam kegiatan festival mulai dari lomba lari 10K, lomba vlog, parade pelangi budaya, lari gembira bersih pantai, lomba layang-layang serta masih banyak lagi.

“Kehadiran Festival Tanjung Kelayang semakin memperkuat keindahan pariwisata di Belitung, oleh karenanya jangan melewatkan Festival Tanjung Kelayang yang dimulai hari ini,” tegas Kepala Dinas Pariwisata Belitung Ir. Hermanto, Kamis (15/11/2018).

Diakuinya, kemeriahan semakin lengkap dengan dihadirkan ratusan kembang api yang siap membuat gemerlap langit Belitung.

“Ribuan wisatawan siap membanjiri Belitung dengan suguhan menarik yang tentunya tidak akan terlupakan oleh wisatawan,” paparnya.

Bahkan, keberadaan pariwisata membuat roda perekonomian di Belitung kian menjulang tinggi. Pasalnya, seluruh penerbangan ke Belitung terus melonjak.

“Data yang kami miliki tahun 2012 wisatawan mancanegara sebanyak 975 namun kini di 2017 sudah mencapai 6.174 wisatawan. Hal serupa juga terjadi pada wisatawan nusantara di mana di tahun 2012 hanya 111.613 wisatawan sedangkan di 2017 melonjak tajam mencapai 251.649 wisatawan,” bebernya lagi.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural dan Ketua Tim Calendar of Event Pariwisata Indonesia Esthy Reko Astuti mengatakan calender of event menjadi langkah untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Tanah Air.

“Dengan adanya calender of event termasuk di dalamnya Festival Tanjung Kelayang bisa mencapai target wisatawan yang ditetapkan Presiden Jokowi di tahun 2019 jumlah wisatawan mancanegara 20 juta serta wisatawan nusantara 275 juta,” ulasnya.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya berpendapat bahwa Tanjung Kelayang sebagai Icon Belitung diharapkan semakin meningkat mutu dan kualitasnya yang otomatis memberikan dampak ekonomi langsung kepada masyarakat.

“Peningkatan PAD sebesar 43% sehingga mata rantai perekonomian  Belitung  digerakkan oleh sektor Kepariwisataan, apalagi sesuai PP No. 50 tahun 2011 RIPPARNAS bahwa Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) serta
Perpres No 6 th 2016 yang juga menetapkan Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. KEK Tanjung Kelayang “the first and the Fastes in Indonesia,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*