Jutaan Bunga Anggrek Tersembunyi di Balik Keindahan Orchid Forest Cikole

IndonesiaNew, CIKOLE – Keindahan Indonesia tak hanya dari sisi pariwisata semata, pasalnya ada keindahan lainnya yang tersembunyi bahkan layak menjadi pilihan menarik buat para wisatawan. Dialah Orchid Forest Cikole yang menyimpan jutaan keindahan bunga anggrek.

Berada di kawasan Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan wisatawan berwisata, selain menikmati dinginnya udara malam maka wisatawan juga bisa beredukasi dengan indahnya bunga anggrek.

Warna-warni dari bunga anggrek seakan membius wisatawan dari hiruk-pikuk kesibukan akibat aktivitas yang padat dari pekerjaan. Di sini, wisatawan bisa melihat pesona bunga anggrek di Orchid Forest Cikole.

Sebelum memasuki keindahan bunga anggrek, wisatawan langsung dibuat terpesona akibat indahnya alam. Kesejukan serta diselimuti kesegaran udara diyakini bisa me-refresh otak. Pasalnya, nuansa alami benar-benar disuguhkan.

Nah, balik kepada jutaan bunga anggrek maka wisatawan bisa mendatangi salah satu destinasi wisata yang ada di dalam Orchid Forest Cikole ini. Jangan heran, bunga anggrek yang ada di sini hadir dari beragam belahan dunia tak ketinggalan ada juga dari Tanah Air.

“Indonesia merupakan penghasil bunga anggrek terbesar kedua setelah Brasil, di Orchid Forest Cikole ini ada 150 jenis bunga anggrek yang masuk dalam kategori langka,” beber Ranger Orchid Forest Cikole Jaelani saat berbicara kepada IndonesiaNew, Kamis (23/8/2018).

Saking banyaknya bunga anggrek yang tersebar di Indonesia, tak ayal Indonesia dijuluki raja anggrek. Populasi bunga anggrek kebanyakan tersebar di Jawa Barat tepatnya di Garut dan Bogor, lantas ada pula hadir di Kalimantan.

“Jenis anggrek di Indonesia kebanyakan berjenis langka di mana bunga anggreknya terdapat kumis dan bulunya, makanya sebagai masyarakat Indonesia harus bangga karena mempunyai bungga anggrek yang melimpah,” bebernya.

Saat memasuki kawasan bunga anggrek, maka travellers bakal menjumpai kali pertama bunga anggrek papio. Dimana, bentuknya ada kumisnya biasanya memiliki warna merah dan bunga ini datang dari Kalimantan, ada pula papio japanicum dari Jawa Barat.

“Ini ada keluarga dendrobium dan semua ada disini langka dan di Indonesia, dua dari Filipina dan Indonesia ada di Kalimantan sama Jawa Barat (Garut, Bogor, Cianjur),” lanjutnya.

Baginya, keindahan bunga anggrek terletak pada akar, daun dan bunga dan itulah seni dari bunga anggrek. Terlebih, bunga anggrek paling bagus datanf dari daunnya karena punya beragam jenisnya, salah satunya yakni bunga anggrek dasi.

“Ada juga anggrek panda, karena bentuknya mirip pandan dan asli dari Jawa barat memiliki tiga spesies ada bau wangi vanilla (vanda helvola), vanda tricolor (melati), vanda swapis (melati lebih menyengat). Lalu ada Vanda douglas dari Jawa Barat, bunga lebih besar,” urainya.

Kemudian ada juga bunga anggrek bulan yang masuk kategorisasi anggrek hibrid yakni merupakan hasil perkawinan dengan jenis anggrek lain. Bunga anggrek ini merupakan orisinil dari anggrek hibrid phalaenopsis amabilis.

Selain itu, ada juga bunga anggrek dari Papua. Bunga anggrek yang satu ini mempunyai panjang bisa satu meter. Bunga ini pun dinamakan anggrek bulbophylum phalaenopsis atau dikenal dengan anggrek dasi.

Lalu, ada anggrek oncidium golden shower yang tidak memiliki aroma namun memiliki keindahan yang ada bunga, bentuknya unik dan berbentuk seperti hewan kupu-kupu. Bentuk bunga paling besar 15 centimeter.

“Anggrek tanah karena lahirnya dari tanah (calanthe triplicata) kemudian ada anggrek black magic dari Amerika, lalu ada bunga anggrek dracula mix simia (bentuk bunganya mirip seperti wajah monyet),” tambahnya.

Di sisi lain Sekretaris Kementerian Pariwisata Indonesia Ukus Kuswara mengatakan bahwa Orchid Forest Cikole menjadi pilihan baru buat wisatawan untuk berwisata di Indonesia.

“Inilah ragam pesona Indonesia yang layak dinikmati, selain kesegaran alam maka keindahannya menjadi daya tarik. Apalagi wisata alam menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dinikmati, sehingga marilah wisatawan mancanegara datang ke Indonesia guna menikmati keindahan yang ada di Tanah Air,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*