Kali Code Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNews)

Kali Code, Nuansa Baru dari Kota Yogyakarta

IndonesiaNew, YOGYAKARTA – Pesona Yogyakarta terus memberikan pandangan baru buat wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan baru ini bisa kamu lihat di Kali Code, Yogyakarta.

Pemandangan warna-warni yang melekat di image masyarakat dunia adalah Rio de Janeiro Brasil, Meksiko, Peru, Swedia, Cile, Italia, serta negara ternama lainnya.

Untuk melihat warna-warni yang ada di perkotaan, cukup mendatangi Yogyakarta. Tempatnya hanya di Kali Code, Kota Baru, Yogyakarta.

Penuangan warna-warni di Yogyakarta muncul dari sosok pelaku budaya ternama di Kota Pelajar ini, sosok tersebut almarhum Romo Mangun Wijaya.

Dari sanalah penuangan warna-warni di Yogyakarta muncul, bahkan menurut Pemuda Karang Taruna Kali Code, Mawardi, ini menuturkan bila Romo Mangun Wijaya ingin menuangkan secara realita kehidupan di Yogyakarta. “Warna-warni ini merupakan gambaran keaslian Yogyakarta,” jelasnya kepada IndonesiaNew, belum lama ini.

Kali Code Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNew)

Kali Code Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNew)

Keberadaan warna-warni di Kali Code ini sudah ada sejak 2013. Di mana, Romo Mangun Wijaya ingin memberikan kemasan atau ‘baju’ untuk menjadikan kampung Kali Code sebagai salah satu wisata alternatif sehingga membentuk kiasan dari Yogyakarta yang memberikan kenyamanan serta tata keramah yang layak untuk ditiru oleh dunia.

“Gambaran Kali Code ini memiliki banyak unsur, di mana di sini punya banyak beragam daerah antarsatu daerah dengan yang lainnya sehingga memunculkan keberagaman serta kebersamaan yang menyatu di Kali Code ini,” paparnya lagi.

Mawardi menuturkan jika pemilihan warna di Kali Code ini diambil dari motif gerobak sapi, di mana gerobak sapi disimbolkan dengan jembatan sejarah keberadaan Romo Mangun Wijaya.

“Gerobak Sapi oleh Romo Mangun Wijaya diartikan sebagai simbol kebebasan berekspresi, melalui warna-warni maka Yogyakarta akan semakin lebih hidup. Simbol kedamaian akan tertuang di Yogyakarta,” bebernya lagi.

Terdapat lima warna di setiap sudut Kali Code. Pewarnaan ini memang belum selesai dituangkan, pasalnya perumahan di Kali Code ini berada di sepanjang 10 meter.

Untuk warna pertama, yakni Biru. Warna ini mengartikan kesejahteraan atau ruang lingkup yang menandakan suasana dingin yang bisa memberikan kenyamanan dalam menjalankan hidup.

Kemudian, warna berikutnya adalah merah. Warna ini ditandai dengan arti semangat atau perubahan dalam menjalankan hidup jadi lebih baik.

“Lalu ada pula warna Kuning, warga Kali Code ingin memberikan rasa gotong royong atau menggandeng kebersamaan atau saling tolong menolong satu sama lain,” paparnya.

Kali Code Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNew)

Kali Code Yogyakarta (Foto: Doc.IndonesiaNew)

Ada pula warna putih. Di sini warga Code selalu identik dengan sifat yang netral, di mana tidak bersinggungan dengan yang lainnya. Arti kebebasan sangat tertuang di Kali Code. “Terakhir adalah warna hijau. Mawardi mengatakan jika hijau menonjolkan kepada tempat ibadah,” bebernya lagi.

Selain melihat keindahan warna-warni di Kali Code, maka Anda bisa melihat aktivitas tradisional yang tak menghilangkan ciri khas Yogyakarta.

“Air sungai yang mengalir berasal dari Gunung Merapi yang berakhir di kawasan pantai Parang Tritis. Keindahan lainnya, Anda bisa melihat aktivitas warga yang masih asri dan alami,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*