Keberhasilan Capaian Pariwisata Indonesia di 2016

IndonesiaNew, JAKARTA – Tak lama lagi, tahun 2016 akan berakhir. Pariwisata Indonesia terus menunjukkan grafik terbaik di 2016.

Dalam pemerintahan Presiden Jokowi memang sangat mengutamakan pariwisata. Apalagi, beberapa kemudahan telah dilakukan olehnya melalui Menteri Pada Arief Yahya di 2016.

Kemudahan pertama adalah penambahan bebas visa. Di mana sebanyak 169 negara diberikan bebas visa oleh Indonesia.

Wisatawan mancanegara berlibur di Indonesia (Foto: ABC)

Wisatawan mancanegara berlibur di Indonesia (Foto: ABC)

“Anda lihat saja lebih dari 150 negara bebas visa dan itu dilakukan Malaysia dan Singapura bertahun-tahun, lantas Indonesia sendiri apakah melakukan hal itu? Kan tidak. Lihat saja regulasi di Indonesia, sangat menghambat sekali. Bagaimana bisa wisatawan mancanegara datang ke Indonesia dengan mudah? dan itu harus diubah,” bebernya di Jakarta, baru-baru ini.

Selain bebas visa, kemudahan wisatawan menggunakan jalur laut juga dipermudah khususnya untuk yacht dan cruise.

Bahkan, untuk soal perijinan hanya dilakukan tak lebih dari satu hari, berbeda saat dahulu yang harus membutuhkan hingga 3 bulan.

Kemudian soal akses, baik dari sisi cross border, maskapai penerbangan hingga akses lainnya juga dipermudah.

“Gerak cepat terus dilakukan, apalagi beberapa bandara sudah dipermudah seperti ke Danau Toba sudah ada penerbangan langsung menuju Silangit, bandara Tanjung Pinang sudah Internasional. Tahun depan, bandara di Lombok juga akan berskala internasional.

Torehan terakhir adalah raupan 31 penghargaan di luar negeri. Beberapa penghargaannya seperti menang 12 kategori di World Halal Tourism Awards yang digelar di Abu Dhabi, penghargaan ‘The Outstanding Liveaboard Diving Destination’ di Diving and Resort Travel Expo Hong Kong, ‘The Famous Next Travel Destination’ dari China Travel and Leisure, hingga Travel Weekly Asia menempatkan Wonderful Indonesia sebagai The Best Destination Marketing 2016 di Singapura.

Wonderful Indonesia raih penghargaan di China (Foto: Kemenpar)

Wonderful Indonesia raih penghargaan di China (Foto: Kemenpar)

“Kenapa saya sangat ngotot meraih penghargaan? Karena Awards itu penting. Dengan adanya Awards, Indonesia akan terus dilihat, dilirik dan didatangi. Penghargaan bisa membuat Indonesia percaya diri, selama ini Indonesia enggak percaya diri karena jarang menang,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*