Mendaki gunung (Foto: IndonesiaNew)

Keindahan 4 Gunung di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kamu Meleleh!

IndonesiaNew, SULAWESI SELATAN – Bagi pecinta pendaki gunung, sudah selayaknya harus menapaki jejak di pegunungan yang ada di Sulawesi Selatan. Keindahannya bisa bikin kamu meleleh!

Menapakkan kaki di puncak tertinggi merupakan kebahagiaan tersendiri yang tiada duanya bagi para pendaki professional. Namun bagaimana dengan kita yang baru pertama kali ingin mendaki? Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

Ketika akan menghadapi gunung untuk pertama kalinya, mungkin ada banyak hal yang akan dirasakan. Seperti ragu dengan diri sendiri, takut dengan medan terjal, apa yang harus dilakukan saat memulai perjalanan, dan banyak lagi kecemasan lainnya. Pergulatan batin semacam itu mungkin hanya sekian dari banyak hal yang harus dihadapi di alam bebas.

Sulawesi Selatan terkenal dengan puncak gunung yang menantang bagi para pendaki. Pemandangan yang indah, udara dingin yang kadang bisa menusuk tulang hingga medan yang cukup menguji adrenalin bisa dirasakan jika mendaki gunung di Sulawesi Selatan.

Penasaran? Rasakan sendiri dengan datang ke beberapa puncak gunung berikut ini, setelah itu baru boleh bangga menyebut diri sebagai pendaki sejati seperti yang diutarakan Eazytravel, Selasa (14/2/2016) berikut ini:

1. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng terletak di Kabupaten Gowa dan memiliki tinggi 2.700 mdpl. Saat ini sudah semakin banyak pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Bawakaraeng, tentu saja karena pemandangan di sepanjang jalur begitu indah. Selain puncaknya, Bawakaraeng juga terkenal dengan keindahan Lembah Ramma.

Hamparan dataran yang luas yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau di kaki Gunung Bawakaraeng. Selain disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan, Bawakaraeng juga dikenal sebagai gunung terdingin di Sulawesi Selatan bagi para pendaki. Jadi sebelum mendaki jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan ketika memulai perjalanan.

Gunung Bawakaraeng (Foto: Ardiyanta)

Sayangnya, Gunung Bawakaraeng yang jadi favorit banyak pendaki di Sulawesi Selatan ini perlahan mulai mengalami kerusakan. Sebagian karena ulah para pendaki pemula yang kadang tidak menghargai alam. Sangat disayangkan.

2. Gunung Lompobattang

Masih di Kabupaten Gowa, kali ini ada Gunung Lompobattang yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Bawakaraeng. Gunung ini memiliki tinggi  lebih dari2.800 mdpl. Berbeda dengan Gunung Bawakaraeng yang medannya cukup sulit, untuk sampai ke puncak Lompobattang tidak seberat saat mendaki Bawakaraeng.

Gunung Lompobattang (Foto: Dayat_r405)

Jalurnya pun mudah ditempuh dan ramai. Namun pemandangan yang ditawarkan tidak kalah menakjubkan, satu hal yang pasti adalah kalian akan terkesima ketika sampai di puncaknya.

3. Gunung Latimojong

Secara administratif Gunung Latimojong berada di Kabupaten Enrekang, Gunung ini didaulat sebagai gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dengan tinggi  3.500 mdpl dan memiliki 3 puncak berbeda yaitu Puncak Rantemario, Puncak Nenemori dan Puncak Rante Kambola. Untuk puncak tertinggi dipegang oleh Puncak Rantemario 3.400 mdpl dan untuk sampai di puncaknya harus berjalan setapak demi setapak dengan melalui medan yang cukup berat dan rute yang cukup terjal.

Keindahan gunung Latimojong (Foto: Latimojong.wordpress.com)

Ketika sampai di atas akan melihat sebuah pemandangan yang mempesona, amparan luas awan laksana gulungan ombak diselingi puncak-puncak gunung yang menyembul di sela-selanya berpadu dengan langit biru membingkai puncak tertinggi di Sulawesi.

4. Gunung Bambapuang

Masih tetap di Kabupaten Enrekang, kali ini ada Gunung Bambapuang. Masyarakat Dusun Bambapuang mengatakan gunung ini adalah sebagai Tangga Tuhan melihat bentuknya yang menjulang ke atas persis seperti tangga. Gunung ini tingginya > 1.000 mdpl, walaupun tidak setinggi gunung-gunung lainnya medan dan rutenya cukup terjal. Tapi begitu sampai puncaknya dijamin rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahannya.

Gunung Bambapuang (Foto: Ikpmb.bl;ogspot.com)

Enrekang memang terkenal sebagai salah satu daerah yang berada di dataran tinggi. Kabupaten yang berada di antara Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Tana Toraja ini seperti dikelilingi oleh perbukitan. Tidak heran kalau udaranya juga terasa sangat sejuk dan salah satu yang terkenal adalah Botto Kabobong.

Itulah beberapa puncak gunung di Sulawesi Selatan yang begitu indah. Selain gunung di atas, masih ada beberapa destinasi pendakian lain yang tidak kalah kerennya seperti Gunung Nenemori, Gunung Tolangi, Gunung Belease, Gunung Bulusaraung dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*