Festival budaya di Papua (Foto: IndonesiaNew)

Keindahan Budaya Papua Hadir di Festival Biak Munara Wampasi

IndonesiaNew, PAPUA – Festival Biak Munara Wampasi-V di Nirmala Beach Biak Numfor Provinsi Papua tampil memukau. Ajang Festival Budaya ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 4 Juli 2017.

Pesona Festival Biak Munara Wampasi Munara (pesta adat), Wampasi (musim surut air laut) adalah pesta rakyat yang digelar saat air laut pada posisi surut terpanjang, berkisar antara bulan April hingga Agustus setiap tahun.  Festival ini merupakan bagian dari ungkapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas berkat yang melimpah ruah.

Festival Pesona Biak Munara Wampasi yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia merupakan event promosi potensi wisata daerah, yang dikemas dalam bentuk pagelaran seni budaya Biak sebagai atraksi wisata budaya, pesona bahari, pesona alam, sejarah dan pameran handycraff.

Event ini dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti dan Bupati Biak Numfor Papua, Thomas Alfa Edison Ondi pembukaan digelar  di Nirmala Beach Hotel, Biak.

Dalam acara pembukaan Pesona Festival Biak Munara Wampasi, Biak mendapat rekor dunia yang dinobatkan oleh Orginal Rekor Indonesia (ORI) sebagai pembuat perahu tradisi Wairon, dan pertunjukan rekor dunia penabuh alat musik 1000 tifa khas Kab. Biak Numfor.

Perhelatan ini merupakan kegiatan menangkap ikan tradisional di air laut yang surut (snapmor). Atraksi budaya berjalan di atas batu panas (Apen Beyeren). Dan yang suka bahari, ada lomba perahu tradisional waimansusu dan wisata ke objek di Kepulauan Padaido/Aimando serta lomba foto bawah laut. Selain itu ada juga Pameran Anggrek, Photography Tour, Diving, Parade Wor Yospan, Lomba Lari 10 K, Tour Padaido, Workshop Photography, Snapmor, dan sebagainya, Selasa (4/7/017).

Acara diharidiri perwakilan Gubernur Provinsi Papua, Perwakilan Walikota Batu, Wakil Bupati Kabupaten Biak, Ketua DPRD Kabupaten Biak, Muspida, Danrem, Dan Lanud, Dandim, Kapolres,  Komandan Kosek Wil IV Indonesia Timur, Ketua Adat Biak, Seluruh anggota DPRD Kabupaten Biak, seluruh SKPD se-Biak Numfor, Kadis Pariwisata Provinsi Papua, Kadis Pariwisata Kabupaten Biak, Ketua Paguyuban se-Kabupaten Biak Numfor, tokoh agama, adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, ribuan pengunjung dari masyarakat dalam dan luar Kabupaten Biak Numfor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*