Keren! Kapal Majapahit Ditaruh di Jepang

IndonesiaNew, JEPANG – Kebanggaan Indonesia terus ditorehkan di dunia internasional, kali ini melalui kapal Majapahit ditaruh di Museum Jepang.

“Kapal Majapahit akan ditaruh di Museum Jepang, tepatnya di Siba, Tokyo, Jepang,” jelas Hari Untoro Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata kepada IndonesiaNew, Selasa (13/12/2016).

Menurutnya, kapal Majapahit yang berada di Museum Jepang merupakan bagian dari sejarah Indonesia yang memiliki nilai paling tinggi.

Tak itu saja, kapal spirit Majapahit ini menuju Jepang bukan ditaruh ke dalam kontainer melainkan dilakukan pelayaran dari Indonesia menuju Jepang. Kapal Majapahit ini berlayar tanpa mempergunakan mesin layaknya kapal modern.

“Kapal Majapahit ini dibuat atau diisusun di Slopeng, Madura, Sumenep yang kemudian dilakukan pelayaran ke Jepang,” ungkapnya lagi.

Hari Untoro menjelaskan kehadiran kapal Majapahit di Museum yang ada di Negeri Samurai ini merupakan komunitas Indonesia Jepang yang tertarik dengan sejarah.

“Namanya komunitas Majapahit dan mereka yang merekonstruksi, dari ahli Jepang, Jerman dan Perancis. Setelah berkumpul mereka di Universitas Hasanuddin untuk menggambarkan replikanya,” bebernya.

Lantas, berapakah ukuran kapal Majapahit yang ditaruh di Museum yang ada di Jepang tersebut?

“Panjang 20,4 meter dan lebih besar dari kapal Samudera Raksa sebesar 19,8 meter. Kapal Majapahit merupakan kapal tradisional Tanah Air yang menggunakan dua tiang dan dua layar,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*