Keren, Toilet di Danau Toba Berkelas Internasional

IndonesiaNew, MEDAN – Toilet menjadi fasilitas penting di tempat wisata. Jika datang ke Danau Toba maka akan menemukan toilet berkelas internasional.

Toilet di Danau Toba menggunakan teknologi yang memiliki Panel Blue Energy yang hemat listrik. Hal ini akan membuat toilet tetap higienis.

“Pengolahan waste–nya menggunakan biotank yang ramah lingkungan. Kompositnya ditata rapi sehingga mencerminkan toilet berkelas bintang 5,” ucap Dirut Badan Otorita Danau Toba, Ari Prasetyo kepada IndonesiaNew, Kamis (2/2/2017).

Biasanya, toilet di Tanah Air tak memiliki kebersihan yang layak untuk wisatawan. Hal ini terlihat saat air kran yang tidak mengalir, tisu beserakan, jejak kaki penuh tanah di lantai hingga lampu tidak menyala.

Namun, saat ke Danau Toba persoalan tersebut tak akan lagi dijumpai. Pasalnya, toilet yang dimilikinya mempunyai wastafel bergaya modern. Selain itu, toiletnya setara dengan bandara.

Baginya, klosetnya pun tak beda jauh dengan hotel bintang 5. Tidak berbau dan nyaman digunakan. Tak itu saja, dari sisi lain terlihat eksklusif.

Seluruhnya dilapisi ubin mozaik aneka warna. Otomatis, kesan jorok yang melekat dengan gambaran toilet di Indonesia selama puluhan tahun sudah tak lagi terlihat. Semuanya sudah bergeser menjadi toilet keren serta higienis.

“Selama ini, Indonesia sangat lemah di infrastructure, health and hygiene, dan environmental sustainability. Setelah dibenahi, rangking Indonesia dalam hal daya saing pariwisata diharapkan bisa segera melompat dari 50 besar dunia ke 30 dunia,” tambahnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui problem besar di hampir semua destinasi wisata di tanah air adalah toilet bersih.

Semua orang berkeluh kesah dengan toilet, bau tidak sedap, mushalanya juga sempit lembab, dan memberi kesan tidak bersih. Sementara semua orang memahami bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Karena itu mulai sekarang toilet harus menjadi perhatian serius di semua destinasi,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*