Kereta Api di Indonesia (Foto: Youtube)

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Beroperasi 2018

IndonesiaNew, SURAKARTA – Kemudahan di bandara di seluruh Indonesia terus dilakukan pemerintah. Kali ini, melalui Menteri Perhubungan menyatakan kereta api bandara Adi Soemarmo akan rampung di 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan kereta api bandara Adi Soemarmo beroperasi pada 2018.

Pembangunan Kereta Api Bandara antara Solo menuju Adi Soemarmo dan sebaliknya dibangun konstruksinya dalam tiga bulan kedepan.

“DED (Detail Engineering Desain) sudah diselesaikan PT.KAI dan kita harapkan dalam tiga bulan bisa mulai untuk konstruksinya,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Solo, belum lama ini.

Menurut rencana, kereta api Bandara Adi Soemarmo dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km ini menggunakan dana kolaborasi antar BUMN. “Kelembagaannya ada pada tiga BUMN yaitu PT. PP, PT. KAI dan Angkasa Pura 1,” paparnya.

Budi Karya Sumadi telah mengkalkulasi nilai investasi dari Kereta Bandara Adi Soemarmo. “Kita kalkulasi nilainya sekira Rp1 triliun,” tambahnya.

Tahap awal pembangunan Kereta Api Bandara disiapkan untuk single track kemudian dilanjutkan untuk double track. “Awalnya untuk single track, kemudian tahap berikutnya double track,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*