Keripik Pisang Enin Buah Tangan dari Cianjur

IndonesiaNew, JAKARTA – Datang ke Cianjur, Jawa Barat Anda wajib mencicipi keripik pisang Enin, pasalnya makanan berbasis camilan ini layak untuk menjadi buah tangan.

Keripik Pisang Enin ini berada di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan produk lokal khas Cianjur yang dibuat oleh Pemilik Keripik Pisang Enin Nenti Fitriyani.

Dalam mengolah keripik pisang tersebut, dirinya lebih memilih menggunakan jenis pisang hapas. Pemilihan pisangnya pun harus sesuai agar mendapatkan rasa yang enak saat dikonsumsi.

“Pisang hapas, ini sejenis pisang yang bisa dikonsumsi langsung, dalam pemilihan buah pisang maka harus berusia tua, kalau muda terlalu sepat,” bebernya kepada IndonesiaNew, Sabtu (9/12/2019).

Selain itu, buah pisang harus berwarna hijau tua dari sisi kulitnya kemudian dari sisi daging buahnya harus berbentuk bulatan dan tidak terlalu menonjol.

“Saat dipegang harus keras, dari warna kulit harus cerah. Jumlah pisang satu sisir harus tiga baris karena tingkat kematangan sudah maksimal, jika pisang hapas tidak ada maka pisang kastroli bisa digunakan sebagai penggantinya,” paparnya lagi.

Perempuan berhijab ini mengaku bahwa nama Enin sebagai nama produknya diambil dari bahasa Sunda yang artinya nenek.

“Nama Enin itu terlihat lebih simple dan sederhana, sehingga nama ini mudah diingat orang,” bebernya lagi.

Pemilihan buah pisang tentu Nenti Fitriyani memiliki alasan tersendiri, yakni buah pisang sangat mudah didapatkan, terjangkau dari sisi harga, lebih banyak yang suka kemudian peralatan tidak terlalu sulit untuk dicari dalam hal pembuatannya.

“Untuk ketebalan dalam membuat keripik pisang tidak lebih dari 10 mili, selain itu panjang pisangnya tergantung dari ukuran buah pisang itu sendiri,” lanjutnya.

Seperti diketahui, untuk keripik pisangnya dijual Rp15 ribu. Selain original maka terdapat pula rasa barbeque, balado, asin dan cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*