Wisatawan China (Foto: Shutterstock)

Korea Tiru Indonesia Perkaya Wisatawan China

IndonesiaNew, KOREA – Sepertinya, apa yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata Arief Yahya memperbanyak wisatawan China, nyatanya ditiru negara lain seperti Korea.

Wisatawan China menjadi kunci demografis untuk industri pariwisata Korea, termasuk ritel dan duty free.

Dengan demikian, untuk mempersiapkan kemungkinan penurunan wisatawan dari Tiongkok dan mengurangi ketergantungan industri pada satu negara, maka pemerintah Korea berupaya untuk melakukan diversifikasi asal wisatawan yang berkunjung ke Korea, Selasa (29/11/2016).

Korea Tourism Organization (KTO) telah melakukan penelitian pasar di beberapa negara untuk memperbaiki strategi pasar dengan melihat preferensi gaya wisata negara-negara tersebut.

Selain itu, Korea Tourism Organization memperluas dukungan untuk membawa semakin banyak tur insentif dari Jepang dan Asia Tenggara dengan menurunkan level minimum grup dari 1.000 orang ke 500 orang.

Korea Tourism Organization akan menyediakan berbagai keuntungan seperti pemandu, transportasi dan akomodasi sesuai permintaan. Korea Tourism Organization mengatakan bahwa angka tur insentif dari Tiongkok melebihi angka 1.000, sedangkan negara-negara lain jarang mencapai angka tersebut.

Oleh karena itu, dengan menurunkan jumlah minimum diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan insentif dari negara lain.

Lantas apa asalan Korea menggaet wisatawan China lebih banyak seperti yang dilakukan Indonesia? Korea melihat bila jumlah wisatawan China yang datang ke Korea sekira 7 juta wisatawan, naik 40 persen dari tahun lalu.

Kenaikan tersebut tejadi karena semakin banyak wisatawan yang datang sendiri tanpa melalui grup tur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*